Tips Mengelola THR Dengan Bijak


Tips Mengelola THR Dengan Bijak

Tips Mengelola THR Dengan Bijak

Swaraguna - Bagi yang berstatus karyawan, pada 2 minggu sebelum lebaran ,pasti sedang menanti yang namanya uang Tunjangan Hari Raya (THR). Uang THR ini biasanya juga di sebut sebagai gaji ke tiga-belas. Namun tidak jarang dana THR ini hanya sekedar numpang lewat saja di rekening. Begitu di terima langsung ludes tak berbekas hanya dalam hitungan hari. 

Pelatihan Kue Kering Gratis Dinas Koperasi Jatim


Lebaran kali ini juga bebarengan dengan Tahun Ajaran Baru dan pendaftaran masuk sekolah, tentunya bagi yang mempunyai putra-putri yang masih berusia sekolah harus lebih cermat lagi dalam mengatur keuangan. Di tambah kondisi ekonomi Indonesia yang sedang melambat, harga-harga barang naik karena nilai tukar Rupiah yang melemah.

Agar uang THR bisa bermanfaat dengan baik, maka kita harus mengelolanya dengan baik pula. Syukur bila nanti masih ada sisa sehingga bisa di tabung, yang pasti jangan sampai uang THR kurang , bahkan kita harus ber-hutang untuk menambal kebutuhan Lebaran.

Berikut Tips yang bisa kita gunakan :
1. Zakat, ini harus menjadi prioritas utama setelah menerima THR, jumlahnya 2,5% dari THR dan Gaji
2. Bayar Tagihan, apabila di rumah memiliki asisten rumah tangga atau supir, berikan hak THR mereka
3. Belanja Lebaran, Pos inilah biasanya yang bisa menguras habis uang THR, maka kontrol yang ketat akan sangat membantu.
4. Discount, Pada saat lebaran akan banyak discount yang di tawarkan, tetaplah bijak dalam mengambil keputusan, apakah barang ini kita butuhkan atau kita inginkan. Kalau memang di butuhkan pada saat Lebaran maka kita bisa membelinya, tetapi tetap selektif berdasarkan prioritas.
5. Buat perencanaan pengeluaran seperti oleh-oleh , biaya makan selama perjalanan, uang Angpau dan transportasi.
6. Jangan gunakan kartu kredit bila tidak ingin meninggalkan hutang setelah Lebaran.  
7. Anggarkan dana cadangan yang bisa di gunakan dalam keadaan terdesak, kalau nantinya tidak di gunakan , bisa di tabung setelah Lebaran. (Yanuar Yudha)


  
          
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar