Tips Mudik Dengan Motor

tips-mudik-dengan-motor

Tips Mudik Dengan Motor

Swaraguna - Bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia, mudik dengan menggunakan motor merupakan suatu pilihan. Tingkat fleksibilitas dan mobilitas di kampung halaman serta kemampuan finansial menjadikan trend mudik dengan motor menjadi semakin meningkat dari tahun ke tahun.
Hanya perlu di ingat bahwa motor merupakan alat transportasi untuk 2 orang saja dan motor memiliki keterbatasan dalam hal jarak tempuh dan daya muat. Jadi, apabila anda berencana mudik dengan motor pastikan jarak kampung halaman tidak lebih dari 3 atau 4 jam serta tidak membawa penumpang dan muatan yang berlebihan, karena di khawatirkan mengganggu kenyamanan anda berkendara sehingga dapat mengakibatkan kecelakaan yang akan merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Berikut beberapa tips mudik dengan motor yang bisa kami sajikan :
1. Siapkan motor anda dengan baik.
Motor merupakan patner anda yang paling dekat selama mudik, jadi bawalah dia untuk servis terlebih dahulu sebelum di gunakan. Cek kondisi mesin, ketebalan roda, kepakeman rem, serta lampu-lampu. Ganti oli dan minyak rem adalah suatu keharusan agar motor siap di gunakan.
2. Bawa Peralatan Penunjang
Bawalah onderdil yang di perlukan, seperti kunci perkakas, spare part cadangan seperti busi, lampu dan ban dalam. SIM dan STNK haruslah tidak tertinggal dan jangan meletakkan di dalam jok. Meskipun sekarang sedang musim kemarau tidak ada salahnya kita membawa jas hujan untuk berjaga-jaga. 
3 Perhatian Khusus Pada Roda
Mudik dengan motor tentu yang di khawatirkan adalah roda. Agar ban tidak terganggu oleh acara "bocor-bocor" maka pastikan untuk memberikan cairan anti bocor yang banyak di jual di pasaran. Dengan menggunakan cairan ini paling tidak, anda sudah terbebas dari was-was ban bocor.
4. Perlengkapan Pengemudi
Pakailah jaket tebal yang mampu melindungi anda dari terpaan angin. Gunakan sarung tangan untuk menghindari slip tangan serta sepatu untuk melindungi kaki dari terpaan sinar matahari. Gunakan helm yang di lengkapi dengan kaca sehingga terhindar dari debu.
5. Barang Bawaan.
Pastikan barang bawaan anda sudah ter-paking dengan baik dan erat.
6. Berangkat Bersama
Waktu terbaik untuk memulai perjalanan adalah selepas subuh karena udara masih segar, panas matahari belum terlalu terik dan jalanan masih belum begitu ramai. Usahakan berangkat bersama grup agar ada teman selama di perjalanan. 
7. Istiahat
Selalu istirahatkan badan dan motor anda barang sejenak di posko-posko mudik atau tempat umum yang ada guna merefresh dan menyegarkan kembali tubuh anda. Istirahat harus di lakukan maksimal setelah anda berkendara selama 2 jam.     
8. Doa.
Dari semua Tips di atas ini yang paling penting. Berdoa sebelum dan setelah anda sampai ke tempat tujuan.

Selamat mudik dan keep safety riding. (Yanuar Yudha)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar