Tips Mudik Lebaran Bagi Penumpang Angkutan Umum.

Tips mudik Lebaran Bagi Penumpang Angkutan Umum

Tips Mudik Lebaran Bagi Penumpang Angkutan Umum.

Swaraguna - Bagi yang tidak mau repot dan kelelahan di jalan pada waktu mudik, moda transportasi umum seperti bis antar kota,  kereta api, pesawat terbang dan kapal laut akan menjadi tumpuan harapan dalam melaksanakan mudik lebaran. Mudik Lebaran dengan angkutan umum paling banyak di minati karena lebih hemat di ongkos dan kita tidak akan di landa kelelahan akibat menyetir kendaraan pribadi.

Namun ada yang harus di perhatikan agar mudik lebaran bagi penumpang umum ini bisa terlaksana dengan baik dan sampai tujuan dengan selamat.
1. Sebelum berangkat pastikan anda sudah mematikan peralatan listrik, kompor dan mengunci dengan rapat semua pintu dan jendela. Untuk keamanan anda bisa menyalakan lampu teras atau lampu ruang tamu. Lakukan koordinasi dengan satpam atau petugas keamanan di sekitar rumah anda, hal ini agar petugas keamanan mengetahui kalau rumah anda dalam keadaan kosong sehingga bisa di lakukan pengamanan ekstra.
2. Ingat, bahwa suasana di terminal, bandara maupun pelabuhan akan sangat ramai dan padat dengan penumpang. Bawalah barang seperlunya saja agar anda tidak repot untuk berdesakan dengan penumpang lainnya. Apabila barang bawaan anda banyak, ada baiknya beberapa di kirimkan terlebih dahulu lewat ekspedisi sebelum mudik.
3. Berangkatlah pada dini hari, biasanya pada waktu tersebut kondisi terminal masih belum terlalu padat.
4. Jangan menggunakan perhiasan yang mencolok, simpanlah di tempat yang aman. Ingat..jangan menyimpan dompet di saku belakang, karena ini akan memancing kejahatan berupa copet. Tempatkan tas yang berisi barang-barang penting di depan anda agar mudah untuk mengawasi.
5. Ketika sampai terminal jangan seperti orang bingung, karena apabila anda seperti kebingungan dalam waktu sekejab para calo akan langsung mengerubungi anda. Apabila anda masih belum paham dengan kondisi terminal, bertanyalah kepada petugas DLLAJ/polisi yang berseragam. Jangan bertanya kepada orang yang belum anda kenal, karena ini akan memancing kejahatan berupa GENDAM atau HIPNOTIS.
petugas dllaj
6. Jangan membawa uang tunai yang berlebihan. Cukup bawa sejumlah nilai tiket dan bekal di jalan. Sekarang ATM sudah banyak, hingga ke pelosok-pelosok desa sehingga memudahkan kita untuk mengambil uang kapanpun-dimanapun.
7. Belilah tiket secara online bila anda naik kereta api atau pesawat.  Apabila anda naik bis antar kota jangan membeli tiket dari calo. Ingat..pembelian tiket bis antar kota di terminal berada di dalam bis oleh kondektur. Naiklah terbih dahulu kedalam bis yang akan mengantarkan ke kota tujuan anda, tanpa membeli tiket, karena nanti akan ada petugas yang menarik tiket dari dalam bis.
8. Carilah info sebanyak-banyaknya tentang alat transportasi yang anda ingin tumpangi, baik mengenai tujuan, jam keberangkatan maupun harga tiket. Biasanya banyak oknum bis yang akan menaikkan harga secara tidak wajar pada saat mudik lebaran. Pilihlah perusahaan Otobus yang terpercaya. Untuk jurusan Solo atau Jogja anda bisa pilih Mira atau Sumber Kencono grup. Untuk Ponorogo bis jaya atau Restu Panda. Untuk tulungagung bis Harapan Jaya.
9. Selama di kendaraan umum jangan menerima makanan dan minuman dari orang lain, karena seringnya di dalam makanan atau minuman tersebut telah di tambahkan obat bius dalam dosis besar yang akan membuat anda terlelap dan mereka akan menjarah barang bawaan anda.
10. Sebelum naik kendaraan umum, pastikan anda sudah buang air besar dan air kecil terlebih dahulu.
11. Minumlah obat anti mabuk sebelum naik kendaraan, karena kalau anda muntah akan mengakibatkan penumpang lain merasa terganggu.
12. Meskipun sudah berada di dalam kendaraan umum, tetaplah waspada pada orang di sekeliling anda. Jangan lupa berdoa agar perjalanan anda selamat hingga sampai ke tempat tujuan.(Yanuar Yudha)
  

   
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar