Waspada Terhadap Pembalut Yang Mengandung Klorin

Waspada Terhadap Pembalut Yang Mengandung Klorin

Waspada Terhadap Pembalut Yang Mengandung Klorin

Swaraguna - Saat ini kanker serviks masih menjadi pembunuh nomor satu bagi wanita. Salah satu penyebab timbulnya kanker serviks ini adalah pemakaian jenis pembalut yang mengandung bahan berbahaya. Pembalut yang beredar di pasaran terbuat dari bermacam-macam bahan, yang paling bagus adalah pembalut dengan bahan kapas. Sebagai rekomndasi anda bisa memakai pembalut ber-merk Anion yang terbukti baik untuk kesehatan. Anda bisa memperolehnya melalui web www.pembalutanionwanita.blogspot.com

Sedangkan pembalut berkwalitas buruk biasanya terbuat dari kertas dan limbah pakaian bekas, sehingga untuk membuatnya menjadi lebih bersih biasanya produsen akan mencampurkan bahan pemutih atau klorin. Pembalut yang mengandung klorin ini bahkan merupakan merk-merk yang banyak di gemari oleh wanita.
Pembalut ber-klorin ini berhasil di ungkap oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), bahwa terdapat beberapa merk pembalut yang beredar di Indonesia ternyata menggunakan klorin dalam kandungannya. Zat klorin ini sangat beresiko tinggi terhadap perempuan, karena bisa mengakibatkan  keputihan, gatal-gatal, iritasi hingga dapat menyebabkan kanker. "Bila merujuk pada FDA atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat yang merekomendasikan untuk tidak menggunakan klorin sebagai material pembalut atau pantiliner, maka seluruh pembalut dan pantiliner harusnya chlor free atau bebas dari kandungan klorin."jelas Tulus Abadi, pengurus harian YLKI.  

Berikut nama pembalut dan pantyliner yang mengandung klorin :
 Pembalut :
1. Charm, kandungan klorin 54,73 ppm.
2. Nina Anio, kandungan klorin 39,2 ppm.
3. My Lady, kandungan klorin 24,44 ppm.
4. VClass Ultra, kandungan klorin 17,74 ppm.
5. Kotex, kandungan klorin 8,23 ppm.
6. Hers Protex, kandungan klorin 7,93 ppm.
7. Laurier, kandungan klorin 7,77 ppm.
8. Softex, kandungan klorin 7,3 ppm.
9. Softness Standart Jumbo Pack, kandungan klorin 6.05 ppm.

Pantyliner :
1. V Class, kandungan klorin 14,68 ppm.
2. Pure style, kandungan klorin 10,22 ppm.
3. My Lady, kandungan klorin 9,76 ppm.
4. KOTEX Fresh Liners, kandungan klorin 9,66 ppm.
5. Softness Panty Shielder, kandungan klorin 9,00 ppm.
6. CareFree Superdry, kandungan klorin 7,58 ppm.
7. Laurier Active Fit, kandungan klorin 5,87 ppm.

Menurut Tulus pembalut berklorin ini sangat jelas melanggar Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Di mana disebutkan bahwa hak yang mendasar bagi konsumen adalah hak atas keamanan produk, hak atas informasi, hak untuk memilih, hak untuk didengar pendapat dan keluhannya, hak atas advokasi, pembinaan dan pendidikan, serta hak untuk mendapatkan ganti rugi.  (Yanuar Yudha)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar