Cegah Kanker Serviks Pemkot Surabaya Gratiskan Imunisasi HPV Bagi Siswa SMP Dan SMA

Swaraguna - Kanker Serviks atau yang dikenal dengan Kanker Leher Rahim adalah pembunuh nomor satu bagi wanita. Penyakit ini disebabkan oleh virus Human Pappiloma virus (HPV), yang penyebabnya tidak hanya disebabkan oleh hubungan seksual yang tidak sehat. Namun gaya hidup dan pola makanan turut menyumbang risiko penularan Kanker Serviks.
Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kesehatan Kota Surabaya saat ini mengadakan Gebyar Imunisasi HPV dan Imunisasi dasar Lengkap di wilayah Surabaya Barat tahun 2015. Kegiatan yang dipusatkan di GOR Cak Roekoen, Jl. Simomulyo I Surabaya ini diikuti oleh Kelurahan, Kecamatan dan Puskesmas. Semua siswi SMP dan SMA di wilayah Simomulyo, Kepala SKPD, Kader Posyandu, dan juga masyarakat sekitar di Simomulyo juga ikut serta dalam acara ini.
Mengapa sasaran dari kegiatan ini adalah siswa SMP dan SMA...?. TernyatahHal ini dilatarbelakangi oleh gaya hidup masyarakat, utamanya anak muda yang semakin berisiko seperti makan makanan yang kurang sehat hingga pergaulan sebagian anak muda yang megarah ke pergaulan bebas. Akibatnya, risiko tertularnya penyakit hepatitis maupun kanker serviks semakin besar.
Dalam apel gebyar imunisasi HPV dan Hepatitis, wali kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan bahwa pemberian vaksin di lakukan secara bertahap. Risma mengharap dukungan dari pihak terkait, mulai dari Camat, Lurah hingga RT dan RW untuk menyosialisasikan kepada siswa-siswi sekolah yang ada di wilayah kerjanya agar ikut imunisasi, baik Hepatitis maupun HPV khusus untuk perempuan.
Seusai memimpin apel Risma langsung menuju ke tenda untuk melihat pelaksanaan imunisasi HPV dan Hepatitis. “Gapapa, sakitnya cuman sebentar. Tapi manfaatnya buat seumur hidup,” ujar Risma. (Yanuar Yudha)

Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar