Kementrian Kominfo Berikan Sejuta Domain Gratis

Kementrian Kominfo Akan Berikan Sejuta Domain Gratis

Kementrian Kominfo Berikan Sejuta Domain Gratis 

Swaraguna - Selasa pagi, 4 Agustus 2015, bertempat di ruang rapat gedung Kominfo Jawa Timur di selenggarakan rapat koordinasi mengenai program dari Kementrian Kominfo tentang adanya pemberian sejuta domain gratis bagi para pelaku usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Indonesia. hadir dalam rapat tersebut adalah Azhar Hasyim selaku Direktur e-business Kementerian Kominfo Republik Indonesia, Eddy Santoso selaku Kepala Dinas Kominfo Jatim, perwakilan dari Dinas Koperasi dan UMKM Jatim, perwakilan dari Dinas Pendidikan Jatim dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Jatim yang di wakili oleh Rizki Rahmadianti dan Yanuar Yudha anggota dari KIM Gunung Anyar-Surabaya.
Azhar Hasyim menjelaskan bahwa kunjungannya ke Kota Surabaya ini adalah untuk menjelaskan tentang program dari Kementrian Kominfo mengenai pemberian sejuta domain gratis kepada UMKM, Perusahaan-perusahaan Start Up dan Sekolah. Selain domain gratis nantinya juga akan di berikan pelatihan-pelatihan untuk melengkapinya. Rentang waktu dari domain gratis ini adalah 1 tahun, yang nantinya setelah itu di harapkan penerima program ini sudah bisa maju dan mandiri. "Program ini  di harapkan bisa menekan adanya investasi ilegal yang sangat marak terjadi, saat ini potensi pendapatan dari e-commerce Indonesia termasuk tinggi, yaitu 160 triliyun pertahun,” jelas Azhar Hasyim.

Eddy Santoso memaparkan bahwa program ini akan sangat bermanfaat bagi para pelaku UMKM yang ada di Jawa Timur. Di harapkan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) selaku kader pendamping terdekat bagi para UMKM bisa menjadi kepanjangan tangan dari pemerintah untuk mensukseskan program sejuta domain gratis ini.
 
Di wawancara secara terpisah, Anggota KIM Gunung Anyar, Yanuar Yudha menjelaskan bahwa sejatinya meskipun gratis, pemberian domain ini bukanlah hal yang mudah. Berdasarkan pengalamannya mendampingi para UKM, biasanya kesulitannya adalah mengubah mindset para pelaku UKM yang biasanya mereka menjual produknya secara langsung, menjadi berjualan melalui media internet. "Yang harus di tekankan disini adalah pada pelatihannya tentang bagaimana cara berjualan di Internet, ini tidak semudah yang di bayangkan, intinya harus mau belajar dan belajar" jelasnya  
  
Launching dari program sejuta domain gratis ini akan di kemas dalam acara “Mi Gila” Melek IT Gaul Informasi Luar Biasa. Acara ini akan di siarkan secara langsung oleh Televisi BBS secara langsung dan streaming pada tanggal 20 Agustus 2015 pada pukul 09.00wib. Ikon dalam acara ini adalah kentrung, yang merupakan kesenian khas Jawa Timur. "Nantinya juga ada sesi telepon interaktif, bagi masyarakat umum bertanya mengenai program domain gratis ini" jelas Eddy Santoso. (Yanuar Yudha)


     

 

 
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

2 comments:

  1. Sangat bagus sekali demi kemajuan ekonomi bersama

    BalasHapus
  2. Wah bisa ditunggu kelanjutannya nih.....

    BalasHapus