Pasca Lebaran Surabaya Di Serbu Pendatang Asing

Pasca Lebaran Surabaya Di Serbu Pendatang Asing

Pasca Lebaran Surabaya Di Serbu Pendatang Asing

Swaraguna - Perkembangan kota Surabaya yang cukup signifikan ternyata menimbulkan permasalahan tersendiri. Setelah Lebaran ini di tengarai banyak sekali pendatang asing tanpa ijin yang memasuki kota Surabaya. Pendatang asing dari luar kota ini kebanyakan di ajak serta oleh sanak saudaranya yang lebih dulu tinggal di Surabaya. 
Fasilitas lengkap yang ada di kota Surabaya baik di bidang pendidikan, hiburan dan pariwisata menimbulkan daya tarik tersendiri bagi warga luar kota untuk datang ke kota pahlawan ini. Bulan Ramadhan lalu Walikota Surabaya Tri Rismaharini sudah mempunyai data bahwa penduduk asing yang ada di kota Surabaya yang tidak mempunyai Surat Keterangan Tinggal Sementara (SKTS) mencapai 13 ribu lebih orang. Laju urbanisasi yang berlebihan ini di khawatirkan akan meningkatkan beban kota Surabaya. 

"Saya telah tegaskan kepada Dispendukcapil agar lebih selektif ntuk mengeluarkan SKTS, pastikan dulu kerjanya apa, dimana dan di bidang apa, kalau tidak jelas jangn di kasih" tegasnya. Bukan hanya Dispendukcapil, para camat dan lurah-pun di tugasi untuk mengawasi daerahnya masing-masing untuk memantau adanya pendatang asing. 

Budi Hermanto selaku Camat Gubeng mengungkapkan bahwa di wilayahnya banyak tumbuh tempat usaha seperti hotel, showroom mobil dan rumah sakit hal ini tentunya akan banyak menyerap tenaga kerja. Namun apabila ada warga musiman yang datang tanpa pekerjaan, skill tertentu maupun tempat tinggal Budi sudah mendapat wewenang untuk memulangkan mereka ke kota asal.

Untuk mengantisipasi laju urbanisasi ini dalam waktu dekat akan di lakukan operasi yustisi untuk pendataan warga pendatang. Warga pendatang di himbau untuk mengurus SKTS, karena apabila warga pendatang tidak memiliki SKTS maka KTP akan di sita dan di wajibkan untuk mengikuti sidang tindak pidana ringan (tipiring) di Pengadilan Negeri Surabaya. (Yanuar Yudha) 
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar