Sapi Jatim Masih Di Jual Keluar Daerah

Sapi Jatim Masih Di Jual Keluar Daerah

Sapi Jatim Masih Di Jual Keluar Daerah

Swaraguna -  Masih tingginya harga daging di Jatim ditengarai karena masih banyak sapi dari Jawa Timur yang di jual keluar wilayah. Himbauan gubernur Jawa Timur untuk melarang sapi lokal Jawa Timur dibawa keluar wilayah nampaknya tidak diindahkan. 
Menurut Kamaludin, seorang pedagang sapi,mengatakan bahwa praktek penjualan sapi untuk dibawa keluar Jatim terlihat di pasar sapi Wonoasih, Probolinggo. Sapi-sapi tersebut diangkut oleh pembeli dari luar Jatim seperti dari Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Rembang, Jakarta, Banjarnegara danBanjarmasin . Kurang lebih sekitar 400 ekor sapi dibawa keluar Jatim setiap harinya.

Hal tersebut juga terlihat di pasar Leces, Maron, Banyuanyar, Probolinggo serta di sentra sapi lain seperti  Lumajang dan Sampang .

Akibat lemahnya pengawasan serta penegakan larangan gubernur tersebut daging sapi semakin langka. Akibat kelangkaan daging sapi, harga daging sapi di Jatim belakangan ini mulai mengalami kenaikan drastis. Bahkan di Sidoarjo harga daging sapi menembus hingga Rp 130.000 per kilogram. (Yanuar Yudha)


Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar