Surabaya Raih Penilaian Tertinggi Dalam IKCI 2015

Surabaya Raih Penilaian Tertinggi Dalam IKCI 2015

Surabaya Raih Penilaian Tertinggi Dalam IKCI 2015

Swaraguna - Kota Surabaya meraih memperoleh penilaian tertinggi dalam Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) 2015 yang digelar harian Kompas bersama Institut Teknologi Bandung dan Perusahaan Gas Negara. Surabaya berhasi menjadi pemenang dalam kategori kota cerdas berbasis lingkungan. Selain di bidang lingkungan,kota Pahlawan ini juga berhasil menyabet peringkat pertama kota cerdas seluruh Indonesia (Best Of The Best). Penyelenggara juga memberikan penghargaan untuk kota cerdas kategori ekonomi kepada Kota Magelang, kategori sosial kepada Kota Madiun, dan kategori lingkungan kepada Kota Surabaya.

Surabaya Raih Penghargaan FutureGov

Hadir dalam acara IKCI ini, antara lain Wakil Presiden Yusuf Kalla, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono,  Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Lilik Oetama dan Rikard Bagun, serta sejumlah wali kota dari seluruh Indonesia.Wakil Presiden M Jusuf Kalla menyerahkan piala kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pada acara Penganugerahan Kota Cerdas Indonesia 2015 di Hotel Shangri-La, Jakarta.Pada penghargaan kota berpenduduk lebih dari 1 juta jiwa adalah Surabaya,berhasil unggul dari pada  Tangerang, Bandung, Depok, dan Semarang.

Pemimpin Redaksi Harian Kompas Budiman Tanuredjo menjelaskan bahwa, penganugerahan Kota Cerdas Indonesia 2015 merupakan kerja yang melibatkan   1.000 peneliti untuk melihat 93 kota, mengukur aspirasi dan persepsi warga terhadap wali kotanya. Total Ada 93 kota otonom yang dinilai dalam program kerja sama Kompas, ITB, dan PGN itu. Penilaian meliputi aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Tim penilai juga melihat penerapan teknologi dan partisipasi warga.

Dalam pidatonya, Jusuf Kalla mengatakan, sebanyak 60 persen penduduk Indonesia akan tinggal di kota. Menurut Jusuf Kalla. Perlu penataan kota secara cerdas, di mana penduduk dapat memperoleh akses layanan kesehatan, nyaman, dan lingkungan hijau. Penataan kota cerdas memerlukan figur epemimpinan yang tegas dan selalu update dengan  teknologi informasi komunikasi yang selaluberkembang pesat. Wali kota pun diharapkan dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk memenuhi kebutuhan kota, contohnya layanan administrasi.

Tri Rismaharini mengungkapkan, penghargaan ini dipersembahkan bagi warga Surabaya. Menurutnya, tujuan utama bukan penghargaan ini, melainkan warga dapat sejahtera, orangtua mampu menyekolahkan anak mereka, dan anak muda Surabaya dapat berprestasi di tingkat nasional maupun internasional. (Yanuar Yudha)


Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar