Surabaya Siap Jadi Distributor Listrik Untuk PLN

Swaraguna -  Tidak lama lagi Lahan Pembuangan Akhir (LPA) Benowo akan mulai berfungsi secara khusus. Fungsi ini adalah bahwa tempat pembuangan sampah di Kota surabaya ini akan mempunyai peran spesial sebagai penyedia listrik bagi Perusahaan Listrik Negara (PLN). Hal ini terkait sebagai peran konservasi energi untuk mengubah sampah menjadi listrik.
"Sudah sampai karatan aku nunggu, bahkan saya sudah ngomong langsung ke Pak Menteri (Menteri  Energi dan Sumber Daya Mineral ESDM: Sudirman Said)" jelas Walikota Surabaya Tri Rismaharini. Menurutnya keberadaan alat ini sekarang sudah ada di pelabuhan Batam dan Singapura. Alat pengolah sampah ini sengaja di datangkan dari Eropa dan sekarang masih dalam proses administrasi bea dan cukai. Setelah tiba di Surabaya alat canggih ini akan segera di pasang di LPA Benowo. "Butuh sekitar tiga bulan untuk proses pemasangannya" tuturnya.

Nantinya, setiap hari akan ada 10.000ton sampah yang akan di olah menjadi tenaga listrik dan seluruh hasilnya akan di beli oleh PLN. Sekkota Hendro Gunawan mengungkapkan bahwa proyek ini menggunakan sistem Build, Operate and Transfer (BOT) selama 20 tahun. Baru setelahnya kepemilikan alat ini akan menjadi milik Pemkot Surabaya seutuhnya. Di pilihnya sistem ini dikarenakan nilai investasinya yang sangat tinggi sehingga APBD Kota Surabaya belum mampu untukmenanggungnya.  Pemilihan dari pengelolanya-pun sudah melalui seleksi yang ketat dan juga melibatkan berbagai kajian dari perguruan tinggi.

Untukkeuntungan di awal bagi Surabaya adalah bahwa masalah sampah di kota ini akan tertangani dengan baik. Sedangkan keuntungan untuk pengelola berasal dari penjualan sampah ke PLN. (Yanuar Yudha)   
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar