Trunk dan Feeder Akan Lintasi Kawasan Merr

Trunk dan Feeder Akan Lintasi Kawasan Merr

Trunk dan Feeder Akan Lintasi Kawasan Merr

Swaraguna -  Saat ini Pemerintah Kota Surabaya khususnya Dinas Perhubungan Kota Surabaya tengah mempersiapkan angkutan khusus untuk penunjang program Angkutan Masal Cepat (AMC). Nantinya angkutan ini  akan sangat membantu masyarakat dalam meng-akses moda transportasi darat. Dalam waktu dekat kawasan Merr akan terfasilitasi dengan adanya Trunk (Angkutan pengumpan berkapasitas besar) dan Feeder (Angkutan pengumpan berkapasitas kecil). 

Rencananya sebanyak 20 unit Trunk dan 16 unit Feeder akan di siapkan untuk bisa mengangkut 3.074 penumpang di Surabaya. Kendaraan ini akan terintegrasi dengan AMC (Angkutan Masal Cepat) dengan kapasitas 12-15 orang penumpang. Ir. Irvan Wahyudrajad, M.MT selaku Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya,menjelaskan bahwa Trunk dan Feeder akan menggunakan sistem Buy The Service atau pelayanan per-km yang disediakan oleh operator angkutan umum.

Untuk Feeder akan berkapasitas kurang lebih 15 orang dan dilengkapi dengan kursi khusus penyandang cacat sedangkan Trunk dibuat dengan konsep lantai rendah secara keseluruhan dengan jumlah penumpang kurang lebih 60 orang.  Sopir tidak akan se-enaknya sendiri dalam menjalankan kendaraannya seperti angkutan umum sekarang ini yang sering ngetem berlama-lama, karena akan digaji dan rute yang dilalui sesuai dengan time table, jadi baik sepi atau ramai akan terus beroperasi sepanjang hari. 

Saat ini Dishub Kota Surabaya sedang merencanakan pembangunan fasilitas pendukung berupa Park and Ride dibeberapa titik di Kota Surabaya. Dinas Perhubungan Kota Surabaya memang serius dalam menanggani manajemen transportasi di Kota Surabaya.  Sebanyak 65 lokasi halte akan di bangun di sepanjang jalan Merr. Selain itu tahun ini akan dibangun pusat control untuk memantau pergerakan kendaraan umum di Surabaya yang dipusatkan di Terminal Joyoboyo berupa CCROM. Irvan menambahkan, tahun ini anggaran APBD untuk DED Trem dan Prasarana Trem sudah dianggarkan.  (Yanuar Yudha)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar