Cara Mudah Mengurus SIUP

Cara Mudah Mengurus SIUP

Cara Mudah Mengurus SIUP

Swaraguna - Saat ini ternyata masih banyak para pelaku UKM yang belum memiliki Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP). Padahal sertifikat ini sangat di perlukan bagi para pelaku usaha, karena sebagai payung hukum legal bagi usahanya. Namun ternyata hal ini terjadi karena kurang pahamnya para pelaku usaha kecil terhadap bagaimana prosedur untuk mendapatkan sertifikat tersebut. 
Hal ini seperti yang di alami oleh Kelompok Swadaya masyarakat (KSM) Kartika Nur yang berada di kecamatan Bulak. KSM yang memproduksi berbagai olahan kerupuk ini sering kali gagal dalam mendapatkan SIUP dan SPP-IRT. Padahal usaha kerupuk yang di pimpinnya ini sudah menjadi langganan dari puluhan toko di wilayahnya. "saya bingung mas, dulu ada tes macem-macem tapi saya gagal, ya sudah penting usahane mlaku disik, surat urusan belakangan" tutur Kartika. Sebenarnya syarat untuk mendapatkan SIUP dan SPP-IRT telah ada di website Dinas Kesehatan maupun Dinas Perdagangan dan Perindustrian hanya saja ketidakpahamannya akan internet membuat Kartika tidak mengetahui hal tersebut. "Mau pergi ke Disperdagin, juga sungkan mas" tambahnya.
 
Widodo Suryantoro selaku kepala Disperdagin Kota Surabaya menegaskan bahwa SIUP merupakan pembeda antara UKM legal dan ilegal. Untuk menjembatani UKM yang bingung untuk mengurus sertifikat, Disperdagin mempunyai fasilitas pendampingan yang di lakukan oleh tenaga khusus Disperdagin. Pendampingan ini akan membantu para UKM untuk melengkapi surat-surat yang di butuhkan hingga ke pemasarannya. " tetapi karena keterbatasan personel , maka harus bergiliran"jelas Widodo.

Berikut Syarat-syarat pengajuan SIUP
1. Fotocopy KTP
2. Surat pernyataan tentang lokasi usaha perusahaan
3. Pas foto 3x4 cm (2 lembar) terbaru penanggung jawab/direktur perusahaan
4. persetujuan dari atasan bagai Pegawai Negeri Sipil
5. mengisi formulir SIUP yang kemudian di lengkapi dengan materai Rp 6000. (Yanuar Yudha)





Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar