Dimanakan Peran Kita Dalam Perkembangan Kota...? Ikut Aktif Di Dalamnya Atau hanya jadi Penonton...?

Swaraguna - Ada pemandangan yang berbeda dalam acara rutin pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang di gelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Surabaya pada hari Senin (28/9). Peserta yang datang ke acara ini mencapai 75 orang, hal ini di luar target yang hanya 50 orang peserta. Ada 2 jalur udangan yang di sebar ke masyarakat agar hadir dalam pembinaan KIM ini, yaitu pertama, jalur birokrasi dengan menggunakan undangan lewat kecamatan dan kelurahan, yang ke dua melalui sarana online sapawarga dan media sosial seperti facebook dan twitter. Bahkan sebagian peserta sampai duduk di luar ruangan. 
Ada 2 narasumber yang mengisi acara pembekalan KIM kali ini, yaitu Rizky Rahmadianti, selaku Kabid Teknis KIM Kota Surabaya dan Nurul Ratna Sari, Staf Pengajar Departemen Komunikasi, Fisip Universitas Airlangga. Rizki Rahmadianti menjelaskan bahwa KIM bertugas menyampaikan informasi kepada masyarakat melalui media yang di kelolanya. Media yang di pilih oleh KIM ini adalah media internet, karena jangkauang yang luas, cepat dalam penyebarannya dan murah dalam hal operasional.  

Nurul Ratna Sari, dalam paparannya menjelaskan bahwa pembangunan kota saat ini bukan lagi menitik beratkan pada pembangunan infrastruktur melainkan kepada pembangunan masyarakat atau manusia-nya. Oleh karena itu yang perlu kita tanyakan kepada diri kita masing-adalah Dimanakan Peran Kita Dalam Perkembangan Kota...? Ikut Aktif Di Dalamnya Atau hanya jadi Penonton...?. Menurutnya, dengan bergabung di dalam KIM maka kita bisa lebih aktif berperan sebagai agen informasi dan agen perubahan.

Dalam pembinaan KIM ini, setiap peserta mendapatkan sebuah buku yang berisi tentang bagaimana cara pembentukan KIM di lingkungannya masing-masing.

 
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar