Dinkes Gratiskan Biaya sertifikasi Industri Rumah Tangga

Swaraguna - Saat ini masih banyak para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang belum mempunyai Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT). Padahal setifikat ini sangat mudah untuk di dapatkan, bahkan Dinas Kesehatan (Dinkes) selaku penerbit sertifikat ini menyatakan bahwa biaya pembuatan sertifikat ini gratis
Untuk memperoleh SPP IRT ini para UKM harus memiliki Surat penyuluhan (SP) yang di keluarkan oleh Dinkes. Biasanya Dinkes mengadakan penyuluhan setiap 3 bulan sekali, bekerjasama dengan Kecamatan, Kelurahan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian serta Dinas Koperasi. Setelah mendapatkn SP maka petugas dari Dinkes akan berkunjung ke tempat usaha. Kalau tempat produksi dan peralatannya bersih dan hygenis maka Sertifikat SPP-IRT ini akan keluar paling lama 12 hari kerja.

Kepala Seksi Kefarmasian Dinkes Kota Surabaya, Umul Jariyah menegaskan bahwa pembuatan SPP-PIRT ini gratis. "Hanya saja para pelaku UKM ini takut duluan , jadinya kami jadi bingung untuk memberikan pemahamannya"jelas Umul. "Padahal sertifikat ini wajib di tempelkan pada kemasan, dan ini menjadi syarat utama apabila produksi UKM akan masuk ke supermarket" tambahnya.

Berikut Langkah-langkah dalam pembuatan SPP-PIRT
1. Telah mempunyai SIUP yang di keluarkan oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian
2. Telah mempunyai Surat Penyuluhan keamanan pangan yang di keluarkan oleh Dinas Kesehatan 
3. Data Perusahaan
4. Fotocopy KTP pemilik usaha / Surat keterangan domisili dari Kelurahan jika alamat tempat usaha  berbeda dengan KTP.
5. Mengisi Formulir permohonan PIRT yang di lengkapi rancangan label produk pangan
6. Peta Lokasi tempat usaha
7. Pas foto pemilik berukuan 4x6 cm, sebanyak 2 lembar. (Yanuar Yudha) 
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar