Distan Gelar Produk Pertanian Khas Surabaya

Distan Gelar Produk Pertanian Khas Surabaya

Distan Gelar Produk Pertanian Khas Surabaya

Swaraguna - Dinas Pertanian (Distan) Kota surabaya pada minggu pagi 6/9 akan menyelenggarakan gelar produk pertanian. Acara ini digagas oleh Dinas Pertanian (Distan) Kota Surabaya dan rutin digelar sebulan sekali pada hari minggu pekan pertama. Melalui acara gelar produk pertanian ini, pihaknya ingin memperkenalkan produk-produk pertanian, peternakan dan perikanan, baik produk segar dari kelompok tani dan nelayan serta komunitas pecinta tanaman.
Bagi warga Kota Surabaya yang ingin mendapatkan produk-produk pertanian, perikanan dan peternakan dengan harga terjangkau, bisa mendatangi halaman Taman Surya pada acara tersebut. Sebanyak 48 kelompok pertanian, perikanan dan peternakan  dari berbagai kecamatan di Surabaya, akan memamerkan produk-produk nya di acara Gelar Produk Pertanian.

Satrio Eko Wibowo selaku Kepala Bidang Pertanian dan kehutanan Distan Kota Surabaya,  mengatakan,  nantinya akan di jual beragam sayuran hasil produksi asli Surabaya seperti terong, tomat dan timun mas. Nantinya akan di gelar pula aneka produk olahan pertanian dan perikanan seperti kerupuk ikan,telur asin, aneka olahan jamur, samiler, tempe dan jamu instan.

Pada awalnya, kelompok tani dan peternakan ini mendapatkan bantuan “modal awal” dari Distan berupa berupa bibit tanaman ataupun hewan ternak seperti kambing , untuk kemudian dikembangkan secara berkelompok. 

Dalam gelaran acara ini pihak Distan berusaha untuk mempertemukan langsung konsumen dengan petani konvensional di Surabaya. Tentunya produk yang dijual masih segar dan harganya tejangkau karena belum masuk ke tengkulak. Adapun yang menjadi sasaran acara tersebut adalah warga yang setiap Minggu pagi berolahraga di Taman Surya, juga warga Surabaya dan sekitarnya.
Ajang gelar produk pertanian ini juga memberi peluang bagi komunitas tanaman. Salah satunya adalah komunitas hidroponik Surabaya yang telah merasakan manfaat besar dari gelaran tersebut.  Ketua Komunitas hidroponik Surabaya, Yoso Siswiarto mengatakan, bila selama ini, pihaknya aktif bergerak di media sosial melalui jejaring Facebook, dengan adanya gelar produk pertanian, pihaknya bisa langsung “kopi darat” dengan konsumen. Komunitas hidrponik Surabaya bisa memperkenalkan produknya kepada masyarakat.
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar