Kelurahan Gunung Anyar Awali Pembebasan Lahan Untuk Wilayah Konservasi

Gunung Anyar Awali Pembebasan Lahan Untuk Wilayah Konservasi

Kelurahan Gunung Anyar Awali Pembebasan Lahan Untuk Wilayah Konservasi

Swaraguna - Surabaya adalah kota yang mempunyai garis pantai yang panjangnya 47Km. Hal ini tentunya bisa menjadi andalan potensi wisata yang luar biasa. Hanya saja kondisinya sekarang banyak wilayah yang ada di dekat pantai ini telah di miliki oleh warga. Keadaan ini tentunya sangat memprihatinkan karena seharusnya wilayah tersebut adalah area untuk lahan konservasi. 

Berdasarkan data dari Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Kota Surabaya, sudah ada 8 Kelurahan yang di wilayahnya terdapat lahan konservasi dan baru Gunung Anyar Tambak ini yang memulai proses pembebasan lahan.

Tahun ini Pemkot Surabaya berencana akan membebaskan sebesar 2.929,04 hektare lahan yang masih di miliki oleh warga dan nantinya akan di gunakan sebagai lahan konservasi. Saat ini baru Kelurahan Gunung Anyar Tambak yang mulai membebaskan lahan konservasi ini. Sebesar 3,2 hektar telah di bebaskan oleh kelurahan yang di pimpin JAELANI, S.Sos ini. "Ini baru satu persil saja dan pembebasannya sudah di lakukan oleh Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah (DPBT), rencananya ada satu persil lagi yang akan di bebaskan dan sedang di proses di Pemprov Jatim" jelas Jaelani.

Menurut Jaelani lahan warga yang memiliki tanah di lahan konservasi ini di landa dilema, karena mereka tidak bisa menjual tanahnya apalagi mendirikan bangunan di atasnya, padahal tanah tersebut sudah tidak produktif lagi. Warga juga rugi dua kali lipat karena harus terus membayar pajaknya.  (Yanuar Yudha)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar