Kemarau Panjang,Dinas Pemadam Kebakaran Siaga Satu.

dinas pemadam kebakaran kota surabaya

Kemarau Panjang,Dinas Pemadam Kebakaran Siaga Satu.

Swaraguna - Tahun 2015 memang memiliki merupakan musim kemarau terpanjang, bahkan hujan baru akan di perkirakan turun pada bulan Nopember atau Desember mendatang. Kondisi alam yang kering membuat peristiwa kebakaran akan sangat mudah terjadi. Di Kota Surabaya sendiri sejak 1 Januari hingga 7 September 2015, telah terjadi 325 kali peristiwa kebakaran.
Bambang Vistadi selaku Kepala Bidang Pembinaan Operasional PMK Kota Surabaya,mengungkapkan bahwa, pada Agustus lalu telah terjadi 100 lebih kasus kebakaran, 56 kasus kebakaran alang-alang, 8 kebakaran sampah, 28 lain-lain dan 14 kebakaran bangunan. 

Menurut Bambang, kebakaran bangunan mayoritas terjadi karena arus pendek listrik. Hal ini di tengarai karena terlalu banyaknya penggunaan terminal listrik pada satu titik. "Biasanya banyak satu terminal listrik di gunakan untuk kulkas dan rice cooker atau TV, hal ini akan rawan menimbulkan konsleting" jelasnya. Sebagai langkah antisipasi, PMK Kota Surabaya telah turun ke kecamatan-kecamatan untuk memberikan penyuluhan.

Selain bangunan rumput dan alang-alang yang mengering sangat rawan sekali terbakar pada musim kemarau ini.. Untuk itu di himbau pemilik lahan kosong memotong alang-alang selama musim kemarau. hal ini juga berlaku bagi rumah yang dekat dengan alang-alang. "Harus rajin memotong alang-alang, karena alang-alang yang kering ini bisa terbakar akibat percikan api dari puntung rokok, ataupun bisa terbakar sendiri akibat saling bergesekan" jelas Bambang.. Ada beberapa kasus rumah di Sidoarjo dan Gresik, rumah terbakar karena alang-alang. (Yanuar Yudha)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar