Peran KIM Sebagai Citizen Jurnalism

Pembinaan Kim Surabaya

Peran KIM Sebagai Citizen Jurnalism

Swaraguna - Senin pagi di ruang rapat Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Surabaya yang terletak di gedung Pemkot Lantai 5 seakan penuh sesak dengan banyaknya perwakilan dari KIM Kelurahan yang di undang untuk mengikuti rapat tentang pembentukan KIM di tiap Kelurahan. Banyak terdapat wajah-wajah baru yang datang pada pembinaan kali ini, hal ini menunjukkan bahwa sebenarnya antusiasme masyarakat terhadap bagaimana pentingnya Kelompok Informasi Masyarakat ini begitu tinggi, hanya saja perlu di sosialisasikan lebih lanjut.

Kabid Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi Dinkominfo Kota Surabaya Irvan Dhani Ananda, menjelaskan bahwa peran KIM sangatlah penting, karena dengan KIM akan ada jembatan penghubung mengenai informasi antara pemerintah daerah dan masyarakat. 

Bobbin Nila Prasanta Yudha, Ketua Paguyuban KIM Kota Surabaya memaparkan tentang dasar hukum pembentukan KIM berdasarkan PERMENKOMINFO(Peraturan Menteri Kominfo) nomor 08/PER/M.KOMINFO/6/2010 tentang Pedoman Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial. "Kelompok Informasi Masyarakat ini dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif yang aktivitasnya melakukan kegiatan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah" jelasnya.

Rizky Rahmadianti selaku Kabid Teknis KIM Kota Surabaya, memaparkan, bahwa perkembangan informasi saat ini begitu cepat dan masif. Tidak jarang banyak dari informasi tersebut yang berisi berita tidak benar, cenderung menipu dan memihak. Internet di pilih oleh KIM sebagai media informasi karena jangkauan yang luas, murah dan mudah. Sebagai agen informasi di harapkan tiap KIM mempunyai sebuah media sebagai penyalur informasi kepada masyarakat di lingkungannya. Media ini bisa berupa blog gratisan maupun yang berbayar. Untuk media lainnya bisa di pilih media sosial seperti facebook, twiter maupun Pertura (Pertunjukan Rakyat) 

Fungsi KIM lebih lanjut adalah sebagai Citizen Journalism (Jurnalisme Warga) yang di harapkan bisa mengangkat potensi-potensi di wilayahnya, seperti potensi wisata, UKM dan prestasi wilayahnya. (Yanuar Yudha)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar