KIM Swaraguna Siap Suport UKM Surabaya Go Online

KIM Swaraguna Siap Suport UKM Surabaya Go Online

KIM Swaraguna Siap Suport UKM Surabaya Go Online

Swaraguna - Saat ini telah banyak para pelaku UKM yang mulai memasarkan barang dagangannya melalui internet. Kebanyakan yang di pilih adalah media sosial seperti Facebook, Instagram, Blackberry Mesengger (BBM) dan WhatsUp (WA). Namun kendala yang ada adalah pasar yang di jangkau kurang luas karena hanya mengandalkan jaringan pertemanan saja. Kondisi yang demikian ini mengakibatkan penjualan mereka stagnan atau tidak ada kenaikan omzet, atau bisa di bilang kembang-kempis. Oleh karena itu KIM Swaraguna di minta secara khusus oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Dinkominfo) Kota Surabaya untuk memberikan sosialisasi E-Commerce kepada para pelaku UKM yang berada di bawah binaan Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop UMKM).
Acara yang berlangsung pada hari Selasa (15/09) di kantor Dinkop UMKM lantai 1 ini berlangsung mulai pukul 09.00wib hingga pukul 11.00wib. Sosialisasi yang di buka oleh Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surabaya, Yerri Purwanto, ST. M.Si ini berlangsung sangat "ganyeng" karena para pelaku UKM ini sangat tertarik dengan paparan yang di berikan oleh KIM Swaraguna. 

Dalam Sosialisasi ini Riski Rahmadianti selaku ketua dari KIM Swaraguna menjelaskan bahwa harus ada perubahan mindset yang mendasar bagi para pelaku UMKM. Dari mindset produksi harus di rubah ke mindset bagaimana menjual barangnya. "UKM ini biasanya kuat di produksi namun lemah di pemasaran" jelasnya. Para pelaku UKM yang hadir ini adalah para pelaku yang terampil dalam membuat produk seperti handicraft, kuliner dan fashion. "Sebenarnya ada satu yang mereka lupakan di saat sebelum memulai memasarkan barang, yaitu melakukan riset mengenai barang yang akan mereka jual, apakah di butuhkan konsumen atau tidak" papar Riski.

Di akhir sosialisasi banyak peserta yang menanyakan tentang adanya kelanjutan dari acara ini. Mereka sangat menginginkan adanya pelatihan semacam workshop yang berkelanjutan. Permintaan peserta pelatihan ini lantas di teruskan ke Dinkominfo Kota Surabaya yang kemudian akan ada kelanjutan dari pelatihan E-Commerce ini.

Ke depan KIM Surabaya dan Dinkominfo akan melakukan perjanjian kerjasama, untuk memberikan pelatihan E-Commerce kepada pelaku UKM yang rencananya akan di lakukan di Broadband Learning Center (BLC) yang ada di tiap kecamatan maupun kelurahan. (Yanuar Yudha)  

   
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar