Sedekah Bumi Warga Bangkingan Surabaya

Sedekah-Bumi-Warga-Bangkingan-Surabaya

Sedekah Bumi Warga Bangkingan Surabaya

Swaraguna - Ada pemandangan yang unik di Kota Surabaya pada Minggu (06/09) ,tepatnya di kelurahan Bangkingan. Warga bangkingan pada Minggu pagi itu menggelar acara sedekah bumi atas hasil panen yang melimpah. Seperti halnya acara sedekah bumi yang lainnya, perayaan ini di padati oleh warga Bangkingan yang mengarak dua buah gunungan sayur dan buah serta sebuah ogoh-ogoh berbentuk  buto ijo. 
Setelah sampai di dekat pemakaman, sesepuh desa setempat membacakan doa yang intinya mengucap syukur atas hasil panen tahun ini. Setelah doa selesai di panjatkan, tidak menunggu komando, puluhan warga yang mengikuti prosesi sedekah bumi ini langsung berebut sayur dan buah yang terdapat di gunungan setinggi 3 meter tersebut.

Orang dewasa maupun anak-anak tampak bersemangat berebut sajian yang ada di gunungan tersebut Bahkan terlihat beberapa warga sudah menyiapkan kantong kresek yang di gunakan sebagai wadah sayur dan buah tersebut. Lurah Bangkingan, Sri Lestari menjelaskan bahwa di wilayahnya masih banyak terdapat lahan tidur yang subur. Oleh warga, lahan tidur itu di kembangkan menjadi lahan produktif yang mampu meningkatkan pendapatan mereka. " Dengan adanya acara ini warga bisa guyub dan tetap bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa" jelas Sri Lestari.

Mulyono selaku Ketua Kelompok Tani memaparkan bahwa hasil panen padi tahun ini sedikit menurun karena imbas dari musim kemarau panjang. Namun hal ini berbanding terbalik dengan sayur dan buah yang mengalami peningkatan pesat. "Yang paling banyak dan panen raya itu buah melon mas" terang Mulyono. 

    
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar