Tips Mengempukkan Daging Sapi Dan Daging Kambing

Tips-Mengempukkan-Daging-Sapi-Dan-Daging-Kambing

Tips Mengempukkan Daging Sapi Dan Daging Kambing

Swaraguna - Hari Raya Idul Ad'ha selalu identik dengan penyembelihan hewan Qurban. Hewan ternak yang di gunakan sebagai hewan Qurban di Indonesia ini adalah sapi dan kambing. Pada saat inilah hampir semua rumah akan memasak menu yang bahan dasarnya berupa daging. Kebanyakan di buat sate ataupun gule.
Agar olahan masakan daging ini menjadi lezat, tentunya kita harus mengolahnya secara tepat. Mulai dari bumbu maupun tingkat ke-empukan dari daging itu sendiri. Terutama daging kambing yang terkenal alot. Berikut kami berikan tips bagaimana cara mengempukkan daging sapi dan kambing sebelum di olah menjadi masakan yang lezat.

1. Simpan Daging Dalam Freezer
Daging yang disimpan di dalam freezer akan lebih empuk dan mudah diolah daripada daging segar yang baru saja dipotong.

Cara Peyimpanan
1. Cuci bersih daging di bawah air yang mengalir
2. Bumbui sesuai dengan menu yang akan di masak, lalu simpan dalam wadah tertutup rapat dalam frezeer.

2. Bungkus Daging Dengan Daun Pepaya
Kandungan enzim papain yang ada di dalam daun pepaya dapat digunakan untuk mengempukkan daging. Untuk mendapatkan enzimnya, daun pepaya muda di remas-remas hingga keluar getahnya, lalu  gunakan daun tersebut untuk membungkus daging. Bungkus daging minimal 60 menit sebelum di olah, maka daging akan terasa empuk.

3. Balur Daging DenganParutan Nanas
Sama seperti daun pepaya, parutan nanas muda mengandung enzim bromelin yang akan menguraikan serat-serat daging jika di balurkan ke daging. Caranya cukup lumuri daging dengan parutan nanas sambil di remas-remas selama 30 menit sebelum di olah.

4. Gunakan Bumbu Instan Pengempuk
Sekarang ini sudah ada bumbu instant yang mengandung enzim papain atau bromelin, fungsinya tentu saja untuk mengempukkan daging. Bumbu ini dikemas dalam bentuk bubuk. Penggunaannya cukup di taburkan di atas daging yang telah di cuci bersih. Diamkan selama 10 menit lalu daging siap untuk di olah,.

Demikian Tips cara mengempukkan daging yang akan di olah. Selamat memasak... (Yanuar Yudha)
    
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar