Cegah kanker Payudara, Kenali dan Deteksi Secara Mandiri

Cegah kanker Payudara, Kenali dan Deteksi Secara Mandiri

Cegah kanker Payudara, Kenali dan Deteksi Secara Mandiri

Swaraguna - Bulan Oktober ini, juga di peringati sebagai hari kanker payudara sedunia. Banyak negara di dunia ini memperingatinya dengan menggunakan kostum berwarna Pink. Warna pink ini di gunakan sebagai simbol perlawanan terhadap kanker payudara yang banyak menyerang para wanita.
Payudara, selain sebagai organ kecantikan, juga berfungsi penting dalam memberikan asupan gizi yang sangat bermanfaat bagi sang buah hati. Oleh karena itu untuk menghindari keganasan dari kanker payudara ini di harapkan para wanita dapat melakukan pemeriksaan dini terhadap payudaranya sendiri sebagai langkah awal.

Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari) ini dapat di lakukan oleh wanita yang telah berusia 20 tahun. Saat yang tepat untuk melakukan sadari ini adalah 5-7 hari setelah menstruasi, kala payudara tidak mengerasdan membesar.

Langkah melakukan Sadari adalah sebagai berikut :

1. Berdirilah di depan cermin, letakkan tangan di pinggang dan amati payudara anda. Perhatikan bentuk , warna dan ukuran. Apakah terdapat kerutan, benjolan, lekukan, bahkan rasa nyeri.
2. Angkat kedua lengan anda, apakah payudara anda dapat terangkat secara bersamaan.
3. Tekan dan rabalah permukaan payudara anda. Apakah terdapat benjolan...?. Rabalah dengan pola melingkar dan pola harisontal.
4. Peras puting anda, apakah keluar cairan berwarna putih, kuning ataupun darah.
5. Berbaringlah dan ulangi langkah-langkah di atas. 

Jika menemukan keganjilan, maka segeralah melakukan konsultasi pada dokter ahli untuk mengetahui penyebabnya. Ingat mencegah adalah langkah terbaik daripada mengobati. (Yanuar Yudha)

Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar