Kali Jagir Yang Ternyata Sungai Buatan

dam-jagir

Kali Jagir Yang Ternyata Sungai Buatan

Swaraguna - Di Surabaya terdapat salah satu sungai besar terkenal yang asalnya bukan sungai alam, melainkan sungai buatan manusia. Sungai tersebut adalah sungai Jagir yang membentang antara wonokromo hingga ke laut. Sejarah panjang tercatat di sungai Jagir ini, menurut riwayat yang ada pembangunan sungai ini di mulai pada tahun 1865 dengan sebutan proyek Djagir Kanaal atau Kanaal Wanakrama. Meskipun juga ada catatan lain yang menyebut pembangunan di mulai pada tahun 1879. 

Surabaya pada awalnya adalah kota yang selalu di landa banjir akibat luapan dari sungai Brantas. Baru pada pertengahan abad ke 18 oleh Belanda Kota Surabaya di desain layaknya kota Amsterdam, hal ini di karenakan sebagian wilayah Surabaya ternyata elevasinya pada saat itu lebih rendah daripada air laut. Untuk menghindari banjir layaknya kota-kota di Belanda maka di buatlah sudetan untuk mengurangi debit air sungai Brantas yang mengalir ke Kalimas dan bermuara ke selat Madura di Tanjung Perak. Wonokromolah yang di gunakan sebagai titik awal sudetan tersebut. 

Proyek sudetan ini merupakan proyek yang sangat prestisius pada jaman Belanda. Di kerahkan tidak kurang dari ratusan ribu pribumi untuk menggali tanah berbentuk lurus dari Wonokromo sampai ke arah Timur, yaitu bagian hilir kawasan Kedung Baruk. Setelah sudetan tersebut rampung mulailah di bangun Dam Jagir, kalau bangunan yang sekarang ini adalah hasil renovasi pada tahun 1912. Untuk menunjang dam di buatlah dam Dinoyo pada tahun 1870. Namun pada kenyataanya air bah masih sering membajiri kota Surabaya sehingga di bangun 4 dam penunjang untuk pengaturan air yaitu dam Milirip dan dam Lekong Mojokerto, serta dam Gunungsari dan dam Gubeng yang di bangun pada 1889.

Setelah semua dam ini berfungsi dengan baik , hingga kini jarang terdengar cerita kalau Kalimas meluap ataupun mengalami kekeringan. (Yanuar Yudha) 

 
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

2 comments:

  1. Maaf ini sumbernya darimana? Tulisan sendiri dari hasil risetkah? Trims

    BalasHapus
  2. Stulisan ini rangkuman dari beberapa literatur yg saya ambil dr media online.

    BalasHapus