KIM Swaraguna Menjadi Tujuan Study Banding KIM Kota Malang


KIM Swaraguna Menjadi Tujuan Study Banding KIM Kota Malang

Swaraguna - Geliat Relawan Informasi yang terwadah dalam Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang ada di Kota Surabaya rupanya banyak mengundang pihak luar yang ingin belajar dan menimba ilmu mengenai kegiatan apa saja yang di lakukan oleh KIM Kota Surabaya ini. Salah satunya adalah dari Paguyuban KIM Kota Malang yang di pimpin oleh Bambang Nugroho, Kepala Bidang Sarana Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika kota Malang. 
Kunjungan KIM Kota Malang ini di terima oleh Irvan Dhani Ananda, Kabid Sarana Komunikasi dan Informatika Dinkominfo di gedung Pemkot Surabaya Lt.V. Dalam sambutannya Irvan Dhani Ananda mengatakan bahwa fungsi KIM di Kota Surabaya ini lebih ke arah Citizen Jurnalistik, yaitu merekam semua potensi-potensi unggulan dan berita lokal yang ada di daerahnya masing - masing. Bahkan berdasarkan survey yang dilakukan oleh Universitas Airlangga KIM di Kota Surabaya berhasil menduduki urutan kedua setelah televisi dalam diseminasi Informasi. " Untuk media komunikasi antar anggota KIM, mereka menggunakan Whatsapp yang tersambung juga dengan staff di Dinkominfo " terang Irvan.

Novi Setyowati, selaku staf SKDI Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya menjelaskan KIM Surabaya juga telah aktif untuk ikut serta di kancah Internasional seperti yang di lakukan oleh Swaraguna, yaitu Rizki Rahmadianti yang telah mendapatkan beasiswa untuk pelatihan UKM di Belanda dan Yanuar Yudha yang telah di pilih oleh Kementrian Kominfo untuk ikut serta dalam study banding ke Negeri jiran Malaysia. " Saat ini fokus kami sedang membentuk KIM di tingkat Kelurahan yang di lakukan oleh pengurus KIM Kota Surabaya " Jelasnya.   

Rizki Rahmadianti dalam paparannya menjelaskan bahwa KIM Swaraguna yang terbentuk pada tahun 2012 ini mempunyai visi sebagai media online yang terpercaya dan bertugas untuk mengembangkan potensi wisata dan potensi ekonomi yang ada di lingkungan Kecamatan gunung anyar Kota Surabaya. Media yang di gunakan oleh KIM Swaraguna adalah Swaraguna.com yang saat ini kunjungan rata-rata per hari 1000 visitor. Rizki juga menjelaskan bahwa kerjasama tim yang baik sangat di butuhkan untuk memajukan KIM. Swaraguna sendiri terbagi menjadi 2 tim, yaitu tim online yang bertugas mengururus media dan tim offline yang bergerak mencari berita dan aktif dalam kegiatan luar. " Tidak mudah mengelola organisasi KIM yang memang bergerak secara mandiri dan secara sosial, Swaraguna sendiri dari 12 anggota , sekarang hanya tersisa 4 orang saja " jelas Rizki. " Tapi 4 orang yang tersisa inilah yang kita namakan the dream tim, karena solid dan mempunyai visi yang sama" imbuhnya.

Bambang Nugroho dalam sambutannya mengatakan, bahwa KIM yang di ajak study banding ke Kota Surabaya ini adalah finalis yang akan mengikuti KIM award yang akan di selenggarakan di Kota Malang. " KIM Kota Malang juga aktif dalam melakukan bisnis online" jelas Bambang. (Yanuar Yudha)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar