Lahan Semakin Sempit, Pemkot Bangun Flat

Lahan Semakin Sempit, Pemkot Bangun Flat

Lahan Semakin Sempit, Pemkot Bangun Flat

Swaraguna - Semakin sempitnya lahan pemukiman serta mahalnya harga tanah dan rumah, kerap membuat warga Surabaya kesulitan untuk mendapatkan hunian yang layak. Ada pula sebagian warga yang awalnya membangun hunian di tanah milik negara dan harus tergusur karena adanya proyek pembangunan kota. 
Untuk mengatasi hal tersebut Pemkot Surabaya, Kementrian PU dan Perumahan Masyarakat dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim bekerjasama untuk membangun flat bagi warga kota. Flat ini nantinya bisa di huni oleh warga Kota Surabaya maupun warga luar Kota Surabaya yang bekerja di Surabaya. Untuk Pembangunan Flat ini sepenuhnya akan di kerjakan oleh kementrian PU dan Pemprov Jatim, sedangkan pemkot Surabaya bertugas untuk menyediakan lahannya saja. Kebanyakan lahan yang di pakai adalah Bekas Tanah Kas Desa (BTKD).

Lokasi Flat ini tersebar di berbagai wilayah Kota Surabaya, yaitu : 
1. Kecamatan Kenjeran
Di Kecamatan yang di pimpin oleh Yudhi Kartika ini terdapat dua lokasi yang akan di bangun flat. Yang pertama di Kelurahan Bulak Banteng dengan lahan seluas 1 hektare dan kelurahan Tambak Wedi yang saat ini sudah di lakukan pengurukan.

2. Kecamatan Gunung Anyar
Di kecamatan ini telah di bangun Flat yang lokasinya berada di Kelurahan Gunung Anyar Tambak, tepatnya 50 meter sebelum lahan konservasi. Menempati bekas lahan tambak, saat ini pembangunannya sudah dalam masa pemasangan tiang pancang. "Nantinya akan di bangun 2 tower yang masing-masing terdiri atas 5 lantai" terang Dewanto Kusumo Legowo, Camat Gunung Anyar.

3. Kecamatan Jambangan
Di Kecamatan Jambangan ini akan di bangun 1 buah Flat yang lokasinya berdekatan dengan Rusun Jambangan. Luas tanah yang akan di pergunakan seluas 1.244 meter persegi.

4. Kecamatan Sukolilo
Di Kecamatan yang di pimpin oleh Kanthi Budiarti ini telah menyediakan lahan seluas total 5 hektare untuk pembangunan Flat. Lokasinya berada kelurahan Keputih. Saat ini sudah 2 hektar yang telah di lakukan pengurukan dan pemadatan. Nantinya Flat ini akan terdiri dari 4 blok yang setiap bloknya terdapat 4 lantai. 

5. Lokasi lainnya adalah Kecamatan Tambaksari  

Diperkirakan semua Flat ini akan di bangun pada tahun depan sehingga bisa di pergunakan secapatnya bagi warga Kota Surabaya. (Yanuar Yudha)
         
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar