Menteri Pertahanan Canangkan Program Bela Negara

program-bela-negara

Menteri Pertahanan Canangkan Program Bela Negara

Swaraguna - " Kalau ada yang tidak suka bela negara di sini , berarti tidak cinta tanah air, ya pergi saja dari sini, Kita bangkit sama-sama dan hancur juga sama-sama " Begitu penjelasan menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dalam memberikan keterangan tentang program Bela Negara yang di gagas oleh Institusinya. Dalam program yang nantinya akan melibatkan anak Taman kanak-kanak (TK) hingga orang dewasa yang berusia 50 tahun ini, akan membentuk sebanyak 4.500 kader pembina Bela Negara di 45 Kabupaten/Kota yang nantinya di targetkan sebanyak 100 juta rakyat Indonesia akan ikut serta dalam program ini dalam waktu 10 tahun. Program ini akan di buka pada 19 Oktober 2015 mendatang.
Metode yang di gunakan dalam program Bela Negara ini sangatlah berbeda dengan program Wajib Militer yang di terapkan di negara Singapura maupun Korea Selatan. Yang di tekankan di sini adalah materi pemahaman 4 pilar negara, sistem pertahanan semesta dan pengenalan alutsista TNI. Serta 5 nilai rela berkorban,cinta tanah air, pancasila sebagai dasar negara dan sadar bangsa. Untuk latihan fisik hanya di tekankan pada baris-berbaris saja. " Yang paling kita tekankan adalah bentuk disiplin pribadi, kelompok hingga nanti bisa menjadi disiplin nasional " jelas Ryamizard.

Namun demikian program yang di usulkan oleh Kementrian Pertahanan ini masih menuai pro dan kontra baik di kalangan parlemen maupun di masyarakat. Misalnya mengenai anggaran yang di ajukan dan sosialisasi yang belum merata ke masyarakat. (Yanuar Yudha)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar