Pelajari KIM, Pemkab Kotabaru Studi Banding Ke Kominfo Surabaya dan Kim Swaraguna

Swaraguna - Perkembangan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang ada di Kota Surabaya rupanya banyak mengundang pihak luar untuk melakukan study banding tentang bagaimana pengelolaan serta masalah apa yang sering di hadapi. Seperti halnya yang di lakukan oleh Pemkab Kotabaru - Kalimantan Selatan yang Kamis siang (29/10) berkunjung ke Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk melakukan tanya pendapat kepada Tim dari Dinas Kominfo Kota surabaya dan KIM Swaraguna Surabaya.
Rombongan Pemkab Kotabaru yang di pimpin langsung oleh Kadishubkominfo Kotabaru yaitu Sugian Noor ini membawa 1 orang dari pemerintahan dan 2 anggota KIM setempat. Sugian Noor mengatakan bahwa pihaknya ingin mengetahui tentang bagaimana sistim penganggaran, prasarana pendukung bagi kegiatan KIM dan sarana hibah yang telah di lakukan oleh Kota Surabaya dalam melakukan pembinaan KIM. " Untuk sarana kami sudah menghibahkan laptop dan televisi bagi anggota KIM, namun sampai sekarang belum terlihat hasilnya " tutur Sugian. " Kendala terbesar bagi KIM di Kotabaru adalah kondisi sinyal internet yang sangat buruk, sehingga menyulitkan untuk melakuakan update informasi" jelas salah satu anggota KIM Kotabaru.

Irvan Dhani Ananda, selaku Kabid Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi, Dinkominfo Surabaya dalam sambutannya mengatakan terimakasih atas kedatangan Tim dari Pemkab Kotabaru. Irvan menjelaskan bahwa KIM di Kota Surabaya ini berjalan secara mandiri. Selama ini Pemkot Kota Surabaya hanya memfasilitasi KIM berupa pembinaan yang sifatnya pelatihan, seperti pelatihan jurnalistik dan marketing online. Irvan juga menjelaskan bahwa saat ini sudah terbentuk forum KIM Kota Surabaya yang menaungi KIM yang ada di tingkat kecamatan dan mempunyai target untuk membentuk KIM tingkat Kelurahan.     

Rizki Rahmadianti selaku ketua dari KIM Swaraguna menjelaskan bahwa tim dari KIM Swaraguna ini terdiri dari Tim Online yang bertugas meng-update dan mem-publish informasi serta Tim Offline yang bertugas sebagai kontributor berita/informasi. Media yang di miliki oleh KIM swaraguna saat ini adalah www.swaraguna.com dan fanspage Facebook yang bernama  Kabar Surabaya. Dengan adanya media ini KIM Swaraguna melakukan diseminasi informasi kepada masyarakat mengenai segala sesuatu yang terjadi di Kota Surabaya dan mengangkat potensi lokal daerah  seperti pariwisata heritage dan kuliner yang ada di Kota Pahlawan ini . (Yanuar Yudhatama)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar