50 Kabupaten Kota Akan Berlakukan KTP Anak Tahun Depan

Swaraguna - Tahun 2016 nanti setiap anak yang berusia 5 tahun hingga 16 tahun akan di berikan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Persiapan untuk pemberian KTP anak ini sudah di matangkan oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), bahkan dana untuk pembuatan KTP yang kemudian akan di berina nama Kartu Indentitas Anak (KIA) ini telah di siapkan sebesar 8 Milyar.
Dirjendukcapil , Zudan Arif Fakrulloh menyatakan bahwa tujuan utama dari pengadaan KIA ini adalah untuk membiasakan masyarakat agar tertib administrasi sejak usia dini. KIA ini akan menjadi alat bantu si Anak untuk mengurus berbagai administrasi kependudukan. Misalnya untuk pendaftaran sekolah, urusan perbankan, layanan kesehatan maupun untuk urusan keimigrasian.

Saat ini sejumlah daerah sudah menerbitkan KIA versinya masing-masing. Seperti kota Solo, Malang, Bantul, Yogjakarta dan Makasar. Nantinya pengesahan tetap di lakukan oleh Kepala Dispendukcapil masing-masing kota namun standarisasi tetap dari pemerintah pusat.

Untuk dasar hukumnya sendiri, mengenai KIA ini akan segera di terbitkan oleh Kemendagri dan untuk biaya pengurusannya akan di gratiskan karena memang sudah di anggarkan sebesar 8 Milyar untuk 50 Kabupaten/Kota. (Yanuar Yudha).    
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar