Google Akan Bantu Indonesia Dalam Meratakan Akses Internet

Google Akan Bantu Indonesia Dalam Meratakan Akses Internet

Google Akan Bantu Indonesia Dalam Meratakan Akses Internet

Swaraguna - Kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari kepulauan serta banyak pengunungan menjadikan akses telekomunikasi sangat sulit di rasakan secara merata hingga ke seluruh pelosok negeri. Di dasari atas kondisi tersebut maka Google berkeinginan untuk membantu Indonesia dalam mengatasi hal tersebut dengan project yang bernama "Project Loon". Mirip dengan namanya , bahwa proyek akses internet ini nantinya menggunakan balon yang di terbangkan ke udara.
Pada prakteknya nanti pihak Google akan menerbangkan ratusan balon yang telah di lengkapi dengan pemancar internet ke semua pelosok Indonesia yang selama ini kesulitan dalam meng-akses internet. Indonesia merupakan negara ke-4 yang akan di jadikan uji coba setelah Selandia Baru, Australia dan Brasil. Tujuan dari project Loon ini adalah memperluas jangkauan sinyal pemancar seluler ke semua pelosok daerah. Jadi balon ini akan berfungsi layaknya BTS yang selama ini di pancarkan melalui tiang pemancar. Deengan diameter sebesar 12 meter baloon Google ini akan mempu menjangkau wilayah hingga 40 kilometer dengan ketinggian sekitar 20 kilometer di atas permukaan bumi.

Dalam tahap awal akan ada ratusan balon yang akan di terbangkan dari Sabang sampai Merauke. Nantinya sebanyak 20 ribu baloon internet akan membantu Indonesia untuk mengatasi kemerataan internet. Dalam proek ini rencananya Google akan bekerjasama dengan operator seluler seperti Telkomsel, Indosat dan XL Axiata. (Yanuar Yudha)

 
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar