Kemarau, Surabaya Panen Garam

Swaraguna - Musim kemarau panjang yang di sertai dengan suhu yang tinggi menjadi keuntungan tersendiri bagi para petani garam. Saat ini para petani garam di wilayah Surabaya Barat seperti pakal, Asemrowo dan Benowo mengalami panen raya garam. Untuk Kecamatan Pakal sendiri memiliki luas lahan seluas lebih dari 1 hektar tambak garam yang kebanyakan di kelola oleh warga Tambak Dono, Kelurahan Sumberejo.

Untuk menghindari terjadinya anjloknya harga pada masa panen ini maka garam para petani ini akan di simpan lebih dulu dalam gudang penyimpanan dan akan di jual pada musim penghujan di mana harga garam biasanya akan naik. "Jika di jual saat panen raya harga garam mencapai Rp 400/kg. namun jika musim hujan harga akan naik sebesar Rp 50/kg sampai Rp 100/kg" jelas Sapto petigas Penyuluh Lapangan (PPL) Dinas Pertanian Kota Surabaya.

Saat ini Pemkot telah membangun Gudang Garam seluas 20x50meter persegi di wilayah Sememi. Nantinya gudang inilah yang akan memfasilitasi para petani garam untuk menyimpan garam pada waktu panen raya. Total kapasitas dari gudang garam ini adalah 20.000kg garam. (Yanuar Yudha)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar