Parade Surabaya Juang, Bangkitkan Kembali Memori "Infernio" Surabaya

Parade Surabaya Juang 2015, Bangkitkan Kembali Memori "Infernio" Surabaya

Parade Surabaya Juang, Bangkitkan Kembali Memori "Inferno" Surabaya

Swaraguna - Suasana di sepanjang jalan Pahlawan menuju Balai Kota Surabaya pada Minggu siang terasa sangat mencekam. Suara senjata, dentuman meriam dan teriakan Merdeka dan pekik Takbir saling terdengar bersahutan. Itulah gambaran dari Parade Surabaya Juang 2015 yang di ikuti oleh lebih dari 5000 peserta. 
Peserta yang ikut serta dalam Parade Surabaya Juang 2015 ini banyak berasal dari komunitas-komunitas di Surabaya dan elemen-elemen masyarakat seperti halnya para veteran perang 1945. Selain dari Surabaya ternyata banyak komunitas dari luar kota yang ikut serta seperti,  para komunitas pecinta sejarah dari Bandung, Jakarta, Medan, Bali, Yogyakarta,  dan beberapa kota di Jawa Timur yang akan turut serta melakukan teatrikal Perang 10 November. Bahkan 10 kendaraan tempur daro 084 baskara jaya juga di libatkan beserta tank jenis Dinggo yang telah di rekondisi dan di bawa oleh komunitas pecinta sejarah dari Kota Bandung.

Parade Surabaya Juang 2015, Bangkitkan Kembali Memori "Infernio" Surabaya
Parade Surabaya Juang ini menggambarkan kembali beberapa pertempuran yang ada di Kota Surabaya, seperti perang viaduk, Perang di depan Grahadi, Heroisme Madun di depan Siola, juga perag di Alun-Alun Contong yang menggambarkan ribuan arek-arek Suroboyo yang tewas akibat di bom oleh Sekutu. 

Heri 'Lentho' Prasetyo, penanggung jawab event Parade Juang mengatakan bahwa aksi-aksi dalam Parade Surabaya Juang ini murni persembahan arek-arek Suroboyo untuk para pahlawan yang telah gugur di Kota pahlawan ini. Rute sepanjang 3 km ini jugadi isi oleh beberapa parade, seperti parade Drum Band, parade Para Veteran serta iring-iringan kendaraan perang pada masa tahun 1945. (Yanuar Yudha)

Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar