Proyek Trem Segera Di Garap

Proyek Trem Segera Di Garap

Swaraguna - Selain Trunk yang akan menjadi moda angkutan baru, Kota Surabaya juga akan mengaktifkan kembali  angkutan masal cepat berbasis Trem. Jika sesuai dengan rencana pengerjaan proyek Trem ini akan di mulai pada tahun depan. proyek ini melibatkan 3 pihak, yaitu PT.Kereta Api Indonesia (PT.KAI), Kementrian Perhubungan dan Pemkot Surabaya. Semua dana pengerjaan akan di kucurkan melalui APBN.
Jalur Trem ini nantinya akan melintas melewati Raya Darmo - Basuki Rahmat - Embong Malang menuju ke Bubutan. lalu ada juga jalur yang melewati Jalan Rajawali - Pahlawan - Kramat Gantung - Tunjungan Gubenur Suryo dan Raya Darmo. Ke dua rute ini di pilih selain merupakan pusat keramaian, ternyata di dalam tanah jalur ini di tengarai masih terdapat jalur Trem pada jaman belanda dulu.

Saat ini tim dari Pemkot Surabaya dan ITS sedang melakukan pendeteksian jalur Trem yang terkubur tersebut dengan alat deteksi khusus. Hal ini seperti yang terlihat di Jalan Raya Darmo dekat dengan Taman Bungkul, di tempat tersebut terdapat spanduk yang bertuliskan " MAAF !!! PERJALANAN ANDA TERGANGGU, ADA KEKERJAAN TRAM ". Proyek ini adalah proses pengambilan sampel tanah untuk kemudian dilakukan pengujian di lab ITS. Nantinya ada sekitar 15 - 17 titik tanah yang akan di ambil sampelnya dengan alat bor khusus kemudian tanah yang di ambil akan di masukkan kedalam tabung dan langsung di bawa ke ITS.

Proyek Trem ini di harapkan akan mengurangi tingkat kepadatan lalu-lintas di tengah kota serta mampu untuk mangalihkan tumpangan warga kota dari kendaraan pribadi. (Yanuar Yudha)  

Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar