Duh...Profesi Nelayan Di Kota Surabaya Semakin Langka

Duh...Profesi Nelayan Di Kota Surabaya Semakin Langka

Duh...Profesi Nelayan Di Kota Surabaya Semakin Langka

Swaraguna - Kota Surabaya yang berada di tepi pantai tentunya kaya akan hasil lautnya. Coba saja jika anda berkesempatan untuk pergi ke daerah kenjeran, di sana akan banyak di temui beragam hasil laut, seperti ikan segar, ikan asin, kerupuk ikan serta aksesoris dan kerajinan tangan yang terbuat dari aneka kulit kerang. Namun sayangnya jumlah nelayan di Pantai Kenjeran saat ini semakin menyusut. Hal ini di karenakan sebagian besar dari mereka lebih memilih kerja di pabrik atau sektor swasta lainnya.
Di kecamatan Bulak sendiri jumlah nelayan yang tercacat saat ini masih 600 orang. Belakangan jumlahnya terus berkurang hingga 12 orang per-tahun. Jumlah penurunan ini di karenakan penghasilan yang di peroleh para nelayan ini tidak tentu, selain itu sekarang jarang anak muda yang mau berprofesi menjadi nelayan. " Sekarang anak muda lebih memilih kerja kantoran mas, mungkin gengsi kalau jadi nelayan" jelas Supriyatna, Camat Bulak. 

Benrbagai bantuan sering di berikan kepada komunitas nelayan ini , mulai pembentukan koperasi nelayan, pelatihan dan sarana seperi perahu maupun pelampung. hal ini murni di berikan agar jumlah para nelayan tidak terus menyusut. " Jangan sampai nanti Kota Surabaya harus di suplai dari luar kota untuk kebutuhan ikan dan sejenisnya" tutur. Supriyatna. (Yanuar Yudha) 
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar