Harga Premium Turun Pada Januari 2016

Harga Premium Turun Pada  Januari 2016

Harga Premium Turun Pada  Januari 2016

Swaraguna - Ada sedikit kabar menggembirakan yang di umumkan pemerintah pada akhir tahun ini. Terhitung tanggal 5 Januari 2016 pemerintah memutuskan untuk menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Keputusan penurunan harga BBM ini diutarakan langsung oleh Menteri ESDM Sudirman Said pada Rabu petang.
Berdasarkan data yang di beber oleh Sudirman Said, nantinya premium akan diturunkan sebesar Rp 150 dari yang semula Rp7.300 menjadi Rp7.150 perliter. Sebenarnya untuk premium seharusnya diturunkan menjadi Rp6.950 perliter, namun dengan adanya undang-undang nomor 30 tahun 2007 tentang ketahanan energi, maka pemerintah membebankan biaya Rp200 perliter bagi premium sehingga harganya menjadi Rp7.150. Sementara untuk bahan bakar solar, pemerintah menurunkan harga dari Rp6.300 menjadi Rp5.950 perliter. sama seperti premium, pemerintah juga mengenakankan biaya untuk ketahanan energi sebesar Rp300 perliter.

Di pilihnya tanggal  5 Januari oleh pemerintah di karenakan untuk memberikan kesempatan bagi distributor dan SPBU guna menghabiskan stok harga lama. "Hal ini juga memberikan kesempatan kepada pertamina untuk mempersiapkan diri," jelas Sudirman Said.
 
Penurunan harga BBM ini, didasari atas tiga komponen yaitu harga minyak dunia yang saat ini turun, kurs rupiah ,dan efisiensi mata rantai pasokan dari Pertamina. "Pembubaran Petral, juga di anggap mampu meningkatkan efisiensi. Begitu juga mengambil alihan beberapa kilang dan modernisasi kilang Cilacap," kata Sudirman. (Yanuar Yudha)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar