UMK Surabaya 2016 Picu 3 Perusahaan Lakukan Penangguhan

Usulan UMK 2016 : Surabaya Rp 3.035.000 dan Sidoarjo Rp 3.500.000

UMK Surabaya 2016 Picu 3 Perusahaan Lakukan Penangguhan

Swaraguna - Penetapan Upah Minimum kota/kabupaten (UMK) Surabaya sebesar Rp 3.045.000 ternyata membuat beberapa perusahaan di Kota surabaya mulai mengajukan penangguhan UMK. Tercatat hingga hari ini ada 3 perusahaan mengajukan penangguhan UMK, yaitu PT Aglarindo (pengolahan rumput laut) di Gunung Sari, UD Wiresper (perdagangan barang elastis) di Kenjeran dan Harapan Bunda (jasa pendidikan) di Pucang Jajar Tengah.
Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakretrans), Sukardono mengungkapkan bahwa batas waktu untuk pengajuan penangguhan adalah sampai tanggal 21 Desember 2015. "Pengajuan penangguhan UMK ini lebih arif daripada perusahan yang bersangkutan tidak mengajukan penangguhan namun membayar gajikaryawannya di bawah UMK, karena hal tersebut sudah termasuk tindak pidana " jelas Sukardono.   

Untuk mengajukan penangguhan UMK ini terdapat syarat-syarat yang harus di penuhi, yaitu :
  1. Menunjukkan neraca keuangan perusahaan selama 2 tahun
  2. Terdapat surat kesepakatan pengusaha dan karyawan
  3. Melampirkan jumlah karyawan
  4. Melampirkan akta pendirian perusahaan
  5. Melampirkan permohonan batas waktu penangguhan 
Proses penangguhan UMK ini di lakukan secara bertahap, setelah berkas yang di ajukan masuk makan langsung di lakukan pengecekan di lapangan. Dari hasil pengecekan inilah nantinya akan di putuskan apakan penangguhan ini di setujui atau tidak. (Yanuar Yudha)


Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar