Camat Gunung Anyar Raih Juara 1 Lomba Sinergitas Kecamatan

Camat Gunung Anyar Raih Juara 1 Lomba Sinergitas Kecamatan

Swaraguna - Satu lagi torehan prestasi di dapatkan oleh Kecamatan Gunung Anyar Surabaya, yaitu berhasil menyabet juara 1 dalam lomba sinergitas Kecamatan tingkat provinsi Jawa Timur 2015. Dengan keberhasilan ini maka Camat Gunung Anyar Dewanto Kusumo Legowo berhasil menyisihkan camat dari Camat Sukorejo Kota Blitar yang menjadi juara 2 , Camat Ngadirejo Kabupaten Pacitan yang menjadi juara 3 , Camat Kromengan Kabupaten Malang yang menjadi juara 4, dan kecamatan lowokwaru Kota Malang yang menjadi juara 5.
Ada 7 bidang yang di nilai dalam perlombaan ini , yaitu bidang kesehatan, bidang pendidikan,  pemerintahan kecamatan, bidang hukum, bidang ekonomi, bidang kesejahteraan masyarakat dan bidang pemberdayaan masyarakat.

" Penilaian yang utama adalah ide Camat dalam menyinergikan SKPD dan masyarakat yang ada di kecamatan" jelas Dewanto. Selain penilaian sinergitas dengan masyarakat dan SKPD teknis, penilaian dalam lomba ini termasuk kerjasama dengan pihak swasta terkait CSR, maupun inovasi apa yang dilakukan oleh Camat terkait dengan anggaran SKPD. 

Dalam perlombaan tersebut selain melakukan pemaparan, perwakilan dari Kecamatan juga harus menjawab pertanyaan dari tim juri yang mewakili dari 7 bidang yang di lombakan tersebut. Setelah itu tim juri juga turun ke lapangan untuk melakukan peninjauan ke lokasi untuk mencocokkan data yang di sajikan dalam paparan dengan data di lokasi lapangan. " Inovasi seorang camat maupun sinergi antar masyarakat sama-sama penting, sinerginya dan inovasinya seperti bagaimana, lantas bagaimana ide sorang camat untuk membackup kegiatan Pemkot, improvisasinya di lapangan seperti bagaimana, itu yang terpenting " jelas Dewanto. " Tidak lupa juga berapa anggaran APBN yang terserap dalam pembangunan kecamatan" imbuhnya.

Setelah lolos tahap pertama ini, selanjutnya Kecamatan Gunung Anyar akan masuk penilaian dalam tahap ke-dua yaitu bersaing lagi dengan 10 besar Kecamatan Tingkat provinsi Jawa Timur. (Yanuar Yudha)

Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar