Layani Warga, Dispendukcapil Buka Sampai Malam

Layani Warga, Dispendukcapil Buka Sampai Malam

Layani Warga, Dispendukcapil Buka Sampai Malam

Swaraguna - Masih banyaknya warga Kota Surabaya yang belum melakukan perekaman data E-KTP membuat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) harus bekerja ekstra keras. Berdasarkan data yang ada masih ada 414.938 warga yang belum melakukan perekaman data. Untuk E-KTP yang belum tercetak sebanyak 10.728 keping. " Herus di kebut karena per-1 Februari 2016 seluruh data kependudukan harus menggunakan e-ktp" terang Kepala Dispendukcapil Kota Surabaya, Suharto Wardoyo.
Untuk lebih melayani masyarakat maka sejak tanggal 6 januari 2016 kemarin , Dispendukcapil resmi membuka layanan hingga malam hari. pada hari Senin - Jum'at jam pelayanan akan dimulai pada pukul 07.30 hingga 20.00. Untuk Sabtu jam pelayanan buka pada pukul 08.00 hingga 16.00. Minggu libur. Loket pelayanan Dispendukcapil saat ini berada di lantai 1 dan 3 eks gedung siola.

Anang menjelaskan , bahwa selama ini masih banyak warga yang tidak bisa terlayani karena jamkerja yang normal. Banyak masyarakat yang paginya harus kerja sehingga untuk mengurus surat kependudukan mereka terpaksa bolos kerja atau ijin. " Dengan terobosan ini di harapkan warga dengan mudah mengurus surat-surat, kalau pagi kerja mereka bisa mengurus malam, kalau malam tidak bisa mereka tetap bisa mengurus hari Sabtu" papar Anang. Tidak ada perbedaan antara pengurusan siang atau malam, yaitu pengajuan akta kelahiran, akta kematian, surat pindah masuk/keluar, pencetakan E-KTP dan lain-lainnya. namun untuk keterlambatan yang mengakibatkan denda harus di urus pagi, karena saat malam Dispendukcapil tidak menerima pembayaran denda.

Anang memperkirakan dengan di bukanya pelayanan pada malam hari, akan meningkatkan jumlah masyarakat yang terlayani. Bila biasanya bisa melayani 200 - 300 orang , di perkirakan dengan layanan malam akan mampu melayani hingga 500 orang. Untuk menunjang pelayanan ini Dispendukcapil telah merekrut 10 orang tenaga tambahan.   
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

1 comments:

  1. Mohon diralat, untuk haru Sabtu pelayanan hanya untuk cetak e-ktp yg sudah siap. Untuk layanan lain tetap harus di hari kerja Sene - Jumat. Dan khusus hari Sabtu eskalator, lift dan AC mati (tidak disarankan untuk ibu hamil karena kantor ada di lantai 3.

    Dan kalo boleh saran dari dinas meng update info di google maps yang lengkap sehingga bisa memperlancar urusan orang yang ingin datang ke kantor dinas.

    Terima kasih

    BalasHapus