Mulai 1 Maret 2016, Warga Yang Tidak Punya E-KTP Akan Di Denda

Mulai 1 Maret 2016, Warga Yang Tidak Punya E-KTP Akan Di Denda

Mulai 1 Maret 2016, Warga Yang Tidak Punya E-KTP Akan Di Denda

Swaraguna - Mulai 1 Maret 2016 warga Kota Surabaya yang belum mempunyai E-KTP  di pastikan akan terkena denda sebesar Rp 50.000. Sebenarnya hal ini merupakan peraturan yang telah di sahkan pada tahun 2014. Sejatinya pengenaan denda ini  sudah berlaku pada 1 Januari 2016, namun karena masih banyak warga yang belum mempunyai E-KTP tetapi mereka sudah melakukan perekaman data , maka pelaksanaannya di undur menjadi 1 Maret 2016.
Perda tentang penerapan denda tersebut mengacu pada peraturan daerah No.14 tahun 2014 mengenai penyelenggaraan administrasi kependudukan. Sampai hari ini masih ada 400 ribu orang warga Surabaya yang belum melakukan perekaman data untuk E-KTP. Saat ini sudah 20 ribu orang yang sudah melakukan perekaman data E-KTP dan masih menunggu proses cetak.

Sebelum penerapan denda ini, Pemkot Surabaya akan mengadakan sosialisasi besar - besaran mengenai E-KTP. " Bahkan kalau perlu kita akan adakan sosialisasi dari rumah ke rumah" jelas Suharo Wardoyo selaku Kepala Dispendukcapil Surabaya.

Herlina Harsono Njoto, selaku Ketua Komisi A Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Surabaya,  menyambut positif aturan tersebut. Namun, ia meminta Pemkot memberikan kemudahan pada warga untuk melakukan perekaman E-KTP.

Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

12 comments:

  1. Saya mau bertanya, sebelumnya saya sudah punya e ktp tapi semenjak saya menikah saya mengurus pisah KK dan e ktp saya di minta oleh pihak kecamatan. Bagaimana saya dan suami mengurus e ktp baru? Tolong jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa langsung rekam data terbaru, bisa di kecamatan ato ke dispenduk...agar di buatkan e-ktp baru

      Hapus
  2. Tidak perlu perekaman baru bagi yg sudah pernah punya KTP-el,tapi tggal mengajukan perubahan status sudah mrnikah dg membawa KK baru kedinas Dukcapil kota surabaya. Kalau melaku kan perekaman baru,nanti akan terjdi Duplikat Record dan KTP el dg status Kawin tidak akan bisa tercetak. Dum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas pencerahannya pak sirajudin...bapak dr dispenduk?

      Hapus
  3. Saya pernah bikin tapi ngga jadi jadi selama 3 bulan. Akhirnya yasudahlah ngga balik lagi ke kelurahan karna tiap ke kelurahan buat ambil ktp selalu disuruh balik lagi 2 minggu lagi sampe berjalan 3 bulan dan akhirnya saya ngga kekelurahan lagi. Males pelayanannya lalai udah gitu judes lagi 😂
    Ngga ada alternatif lainnya apa yang lebih memudahkan masyarakan buat ngurus ktp.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasih ke petugas ktp 50rb,tak jamin 99% besoknya jadi atau malah langsung jadi
      #pengalaman

      Hapus
    2. Bisa tolong di sebutkan kelurahan mana yg pake pungli spt ini?

      Hapus
  4. valian sari12.08

    saya sudah ngurus kk ikut suami tapi saya cuma di kasih ktp sementara(ktp yg cuma di laminating) sama pegawai kecamatan dan katanya saya disuruh nunggu selama 1 tahun dan ini sudah 1 tahun saya tidak ada kabar dari pihak kecamatan apa yg harus saya lakukan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah sudah melakukan perekaman data...?, kalau belum, segera lakukan perekaman data di kecamatan. setelah itu bs lgs ke dispenduk.

      Hapus
  5. Emm nupang tanya kalo saya sempatnya bulan desember baru bikin gimana y
    Soalnya lagi di luar daerah apakah pembuatan e-ktp masih bisa? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih bisa..lebih cepat lebih baik

      Hapus
  6. Saya sudah melakukan perekaman data, tapi sudah berjalan lebih dari tiga tahun, E-KTP saya belum jadi. Berkali-kali tanya ke kantor kelurahan, tapi kata petugasnya belum jadi.

    BalasHapus