Surabaya Waspadai hujan Lebat Dan Petir

Surabaya Waspadai hujan Lebat Dan Petir 

Surabaya Waspadai hujan Lebat Dan Petir
Swaraguna - Warga kota Surabaya dalam minggu ini di harapkan lebih waspada lagi. Hal ini di karenakan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan bahwa di wilayah Jawa Timur termasuk Surabaya akan turun hujan dengan intensitas lebat disertai angin dan petir. Hal ini ttampak pada cuaca kota Surabaya pada belakangan ini yang selalu tertutup oleh mendung. Biasanya hujan deisertai angin kencang dan petir akan turun pada sore menjelang malam hari.

Cara Menjaga Kesehatan Di Musim Hujan Agar Terhindar Dari Penyakit

Penyebab dari hujan lebat ini adalah pertumbuhan awan Cumulonimbus (CB) di wilayah Jawa Timur yang cukup aktif di daerah bertekanan udara rendah di Samudera Hindia sebelah barat daya provinsi Lampung; konvergensi memanjang dari Laut Aru hingga Maluku dan dari Laut Banda hingga perairan selatan Jawa; perlambatan kecepatan angin di Selat Makassar, Jawa bagian barat dan timur dan Papua Barat; serta kelembaban udara yang tinggi di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Eko Prasetyo selaku prakirawan BMKG Juanda mengatakan, bahwa kondisi tersebut bisa merusak kondisi bangunan semi permanen dan membahayakan pengguna jalan. "Puting beliung jarang terjadi, hanya angin kencang," katanya. Hal ini nampak pada robohnya 23 tiang listrik yang ada di daerah pakal karena kuatnya hembusan angin yang ada. "Untuk itu badan SAR daerah di haruskan untuk selalu siaga dan terus ber-koordinasi dengan BMKG Juanda: jelas Eko.

Selain Jawa Timur, wilayah yang berpotensi diguyur hujan lebat adalah Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua bagian utara dan Papua Barat. Wilayah yang berpotensi diguyur hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang atau puting beliung adalah Bangka Belitung, Jabodetabek, Jawa Barat dan Maluku.

Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar