Waspada.!!!... Demam Berdarah Mulai Serang Jatim

Waspada.!!!... Demam Berdarah Mulai Serang Jatim

Waspada.!!!... Demam Berdarah Mulai Serang Jatim

Swaraguna - Seiring dengan datangnya musim penghujan, ternyata penyakit Demam Berdarah (DB) juga semakin meningkat. Hal ini tampak dari banyaknya penderita DB yang masuk ke Rumah Sakit Dr. Soetomo Kota surabaya. Berdasarkan data dari Rumah Sakit dr. Soetomo, sedikitnya ada 2 penderita DB yang masuk setiap harinya. Namun penderita ini bukan hanya dari kota Surabaya saja, tetapi dari kota lain di Jawa Timur juga. 

Curah Hujan Meningkat, Gunung Anyar Waspada Demam Berdarah

Sampai hari ini sudah dua orang penderita DB yang meninggal dunia, satu dari Surabaya dan satu lagi balita dari Sumenep - Madura. Menurut Kepala IGD RSUD dr.Soetomo, dr. Urip Murtedjo SpB-KL, pasien yang di rujuk ke rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Jatim ini sudah dalam keadaan sangat serius. " Mereka sudah menderita Demam Berdarah Dengue (DBD),yang tingkat kematiannya lebih tinggi daripada DB meskipun sama-sama di tularkan oleh nyamuk Aides Aegepty" jelas dr. Urip.

Sejatinya pasien DB, bisa di rawat di puskesmas ataupun rumah sakit type B. Hanya yang perlu di perhatikan adalah masalah "waktu", jangan sampai penderita terlambat di bawa ke rumah sakit. Tujuannya si penderita langsung mendapatkan asupan cairan sehingga tidak terkena dehidrasi dan kekurangan nutrisi. 

Menurut dr. Maya Syarial Saleh selaku Direktur dari Rumah Sakit Bakti Dharma Husada, biasanya pasien datang ke rumah sakit sudah dalam keadaan panas tinggi. Kalau sudah begini dokter akan melakukan cek trombosit, jika di nyatakan positif maka dokter akan melakukan terapi cairan, supaya tidak terjadi pendarahan di dalam tubuh penderita.

Meskipun mengalami kenaikan di awal tahun ini, apabila di bandingkan dengan data tahun lalu, jumlah penderita DB sangat menurun drastis. Berikut data yang ada pada setiap Rumah sakit di Jatim.

1. RSUD dr. Soetomo : Januari 2015 terdapat 48 penderita   
                                      Januari 2016 terdapat 25 penderita   

2. RSUD dr. Soewandhie : Januari 2015 terdapat 68 penderita   
                                           Januari 2016 terdapat 11 penderita   

3. RSUD BDH :  Januari 2015 terdapat 22 penderita   
                            Januari 2016 terdapat   5 penderita   

2. RSUD Sidoarjo : Januari 2015 terdapat 20 penderita   
                                Januari 2016 terdapat 18 penderita  
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar