Surabaya Waspadai Puncak Musim Hujan 2016

Surabaya Waspadai Puncak Musim Hujan 2016

Surabaya Waspadai Puncak Musim Hujan 2016

Swaraguna - Hujan deras telah mengguyur kota Surabaya dan sekitarnya pada minggu kemarin. Bahkan sampai saat ini genangan air dan banjir masih belum surut pada wilayah tertentu di sudut kota Pahlawan ini. Hal ini memang sesuai dengan informasi yang telah di keluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), bahwa Indonesia akan memasuki puncak musim hujan 2016 pada bulan Februari. Berdasarkan rilis dari BMKG, musim hujan di wilayah barat Indonesia akan berlangsung hingga Juni 2016, meskipun nantinya pada bulan Maret 2016 intensitasnya akan menurun.
Banjir yang sempat menggenangi kota Surabaya pada minggu kemarin adalah di karenakan tingginya curah hujan yang turun dalam waktu yang relatif lama. Hal tersebut mengakibatkan semua saluran air menjadi penuh, bahkan meluber di beberapa tempat. Inilah yang kemudian memicu banjir yang terjadi di daerah Wiyung, Balongsari, Tandes, Perak dan Asem Rowo. Kondisi ini diperparah dengan pasangnya air laut, sehingga air hujan dari selokan tidak bisa dibuang ke laut. Namun kondisi ini hanya berlangsung sekitar 2 sampai 3 jam saja, kemudian banjir akan surut dengan sendirinya.

Melihat kondisi tersebut, Bakesbanglinmas Kota Surabaya mengeluarkan himbauan khusus, yaitu: 
  1. Menghimbau warga untuk selalu menjaga saluran air di sekitarnya agar tetap mengalir dan senantiasa di keruk endapannya agar bisa menampung air lebih banyak lagi. 
  2. Hindarkan anak kecil bermain banjir, karenan selain bisa menimbulkan penyakit, derasnya arus bisa membuat sang anak terseret.  
  3. Apabila terjadibanjir, segera amankan peralatan listrik, seperti stop kontak maupun peralatan listrik lainnya agar tidak menimbulkan sengatan listrik atau hubungan listrik jarak pendek.
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar