Aturan Baru Untuk Pembuatan Akta Kelahiran

Aturan-Baru-Untuk-Pembuatan-Akta-Kelahiran

Aturan Baru Untuk Pembuatan Akta Kelahiran

Swaraguna -Suatu terobosan di bidang Administrasi Kependudukan mulai di lakukan oleh pemerintah. Terhitung mulai tanggal 24 Februari 2016 ini semua Dinas kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten - Kota di minta untuk memberikan kemudahan bagi semua warga negara untuk mendapatkan Akta Kelahiran bagi bayi yang di lahirkannya.

Kabijakan baru untuk mempermudah pembuatan Akta Lahir ini tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2016 tentang Percepatan Peningkatan Cakupan Akta Kelahiran. Di harapkan setelah ini tidak ada lagi anak yang belum memiliki akta kelahiran karena semuanya sudah di permudah. 

Sebelumnya, untuk memperoleh Akta Kelahiran, orang tua harus menyerahkan sejumlah dokumen, di antaranya surat dokter atau bidan yang menangani kelahiran dari anak tersebut. Hal ini tentu memberatkan apabila ternyata sang anak tersebut di lahirkan di rumah atau di dukun beranak. Nah pada aturan baru ini surat bukti dari dokter ayaupun bidan bisa di ganti oleh orang yang membantu kelahiran sang anak, bisa tetangga maupun dukun beranak tersebut. Caranya tinggal membuat surat keterangan yang di lengkapi dengan materai dan tanda tanagn dari pihak yang membantu proses kelahiran.

Aturan baru ini juga menguntungkan bagi orang tua yang menikah secara siri. Mereka tetap dapat membuatkan sang anak Akta Kelahiran dengan menunjukkan surat pernyataan dari para saksi yang menyebutkan mereka telah menikah secara siri.     
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar