Cara Hemat Listrik Prabayar

Cara Hemat Listrik Prabayar

Cara Hemat Listrik Prabayar

Swaraguna – Saat ini listrik menjadi kebutuhan yang tiadak dapat terpisahkan dalam kebutuhan hidup manusia. Hidup manusia tidak terlepas dari adanya listrik. Mulai dari bangun tidur hingga tertidur lagi kita selalu bergantung kepada daya listrik, liat saja kebutuhan akan lampu, AC, bahkan daya HandPhone yang memerlukan pasokan listrik meskipun berdaya kecil. Tentunya kebutuhan listrik ini akan sejalan dengan biaya yang harus kita keluarkan setiap bulannya. Apalagi saat ini biaya listrik sudah tidak bisa di bilang murah dan sudah tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah kecuali golongan 450 VA.
 
1. Ganti Lampu Hemat Energi Anda
Lampu hemat Energi yang admin maksud di sini adalah lampu yang berisikan gas, dan bohlamnya masih terbuat dari kaca tipis. Meskipun lampu ini termasuk hemat, saat ini sudah muncul lampu hemat generasi terbaru yang lebih hemat daripada lampu hemat energi. Lampu tersebut adalah lampu LED yang super hemat dan tahan lama nyala daripada lampu hemat energi biasa. Lampu LED ini benar-benar menjadi cara hemat listrik yang terbaik, karena selain harganya sudah murah, nyala dari lampu jenis ini lebih terang dari pada lampu lainnya. Artinya dengan watt yang sama atau lebih kecil kita bisa mendapatkan cahaya yang lebih terang.
Apabila ruangan sudah tidak terpakai lagi, maka anda bisa mematikan lampu pada ruangan tersebut. Meskipun ini hal remeh, namun akan menjadi penting apabila anda bisa melakukan ini selama setahun. Coba hitung saja berapa penghematan yang telah anda lakukan

2. Televisi
Sama seperti lampu, saat ini televisi telah mengeluarkan teknologi LCD dan LED yang hemat dayanya bisa setengah lebih dari televisi tabung. Cara hemat listrik untuk televisi ini memang lebih mahal di harga televisinya, namun kedepan daya listrik yang anda hemat akan lebih besar daripada memakai televisi tabung.
Kesalahan kecil yang umum terjadi adalah, kita sering tertidur saat menonton TV, bahkan sampai tidak sadar kalau acara TV nya tinggal gambar semut saja. Jadilah penonton TV yang bijak, jangan sebaliknya kita yang di tonton oleh TV.

3. Charger HandPhone
Kebiasaan kita yang paling lucu adalah sering membiarkan charger menggantung di colokan listrik meskipun kita tidak sedang mengisi HP. Jika tidak sedang di gunakan, ada baiknya charger di lepas dari colokan listrik, hal ini di karenakan meskipun charger sedang tidak di gunakan, namun apabila tetap terpasang di colokan, maka charger tetap menghisap arus listrik meskipun dalam jumlah kecil. Meskipun kecil namun apabila dalam waktu lama, maka bisa di kalikan berapa arus listrik yang terbuang sia – sia.

4. Lemari Es
Mesin pendingin bahan makanan ini adalah mesin yang selalu bekerja full time tanpa henti. Perlu di ketahui bahwa untuk mendinginkan suhu di dalam ruangan penyimpan bahan makanan,Lemari Es membutuhkan banyak sekali daya listrik. Cara hemat listrik untuk lemari es ini adalah dengan membiasakan untuk membuka dan menutup lemari es dalam waktu yang singkat , agar suhu di dalamnya tetap terjaga dalam keadaan dingin. Apabila kita membuka lemari es dalam waktu lama maka suhu di dalamnya akan meningkat dan akan membutuhkan banyak daya listrik lagi untuk menurunkannya.

5. AC
Pendingin ruangan atau Air Conditioner adalah alat penyejuk ruangan yang membutuhkan watt listrik besar. Untuk menghemat listrik, pastikan anda mengeset suhu ruangan pada suhu normal terlebih dahulu kemudia berangsur ke suhuyang lebih dingin. Hal ini agar listrik yang di serapnya tidak terlalu besar.
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar