Kadishub Surabaya Sosialisasikan Yellow Box Junction

Kadishub Surabaya Sosialisasikan Yellow Box Junction

Swaraguna - Semakin padatnya jumlah kendaraan yang ada di jalan raya, menuntut Dinas Perhubungan Kota Surabaya untuk membuat rambu - rambu baru. Setelah memperkenalkan garis kuning ber-biku, kini Dishub Kota Surabaya memperkenalkan marka jalan yellow box junction (YBJ). YBJ ini sudah terdapat di beberapa titik persimpangan jalan protokol kota Surabaya. YBJ berfungsi saat lampu traffic light hijau pengguna jalan yang belum masuk ke YBJ harus berhenti. Saat ada kendaraan lain di YBJ mereka baru bisa maju jika kendaraan di dalam YBJ sudah keluar.

Saat koferensi pers di kantor Bagian Humas Pemerintah Kota Surabaya, Jumat (22/4), Irvan Wahyu Drajad, Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya mengatakan, Pemerintah Kota Surabaya telah melaksanakan pengecatan kotak kuning di beberapa titik yang memenuhi syarat geometrik. Irvan menuturkan, YBJ ada untuk menghindari kendaraan kunci menyimpang. Sementara ini YBJ berada di tujuh titik. Pihaknya akan terus melakukan survey untuk kemungkinan penambahan titik YBJ lainnya.

Irvan menambahkan, YBJ ditempatkan pada persimpangan digunakan untuk menyatakan kendaraan dilarang berhenti dalam area kotak kuning dalam kondisi apapun. YBJ juga ditempatkan pada lokasi akses jalan keluar masuk kendaraan menuju instalasi gawat darurat, pemadam kebakaran, penanggulangan huru-hara, search and rescue dan ambulan.

Terkait fungsi YBJ, Irvan menjelaskan, YBJ berfungsi untuk melarang kendaraan berhenti di suatu area, mencegah arus terkunci di persimpangan karena pengemudi tidak boleh memaksa masuk marka kotak kuning apabila jalur keluar dari kotak kuning tertahan walaupun lampu berwarna hijau.

Masih menurut Irvan, tindak tilang akan dilakukan setelah satu bulan sosialisasi yakni akhir Mei. Ia menambahkan, dengan adanya YBJ diharapkan akan mendidik pengguna jalan agar lebih disiplin. Karena menurutnya, akan ada kerugian secara ekonomi pada pengguna jalan jika kemacetan terjadi. (pri)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

1 comments:

  1. Anonim08.46

    statement 1 "YBJ berfungsi saat lampu traffic light hijau pengguna jalan yang belum masuk ke YBJ harus berhenti."
    statement 2 "YBJ berfungsi untuk melarang kendaraan berhenti di suatu area"
    jadi bagaimana cara kerja ybj yang sebenarnya ? apa jika lampu merah di sahkan untuk memasuki ybj ?

    BalasHapus