Humas Pemkab Sleman Kunjungi Surabaya Pelajari Kiat-Kiat KIM Dari Swaraguna

Humas Pemkab Sleman Kunjungi Surabaya Pelajari Kiat-Kiat KIM Dari Swaraguna

Humas Pemkab Sleman Kunjungi Surabaya Pelajari Kiat-Kiat KIM Dari Swaraguna

Swaraguna -Partisipasi yang aktif dari masyarakat adalah ukuran dari terwujudnya good governance yang baik. Partisipasi masyarakat ini dapat di lihat dari pengelolaan informasi yang di lakukan oleh para pegiat Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang ada di Kota Surabaya. Hal ini ternyata banyak menarik Pemerintah dari kota-kabupaten lain untuk belajar lebih dalam lagi tentang aktifitas dan pengelolaan sistim informasi yang dilakukan KIM.

Seperti yang terjadi pada kemarin siang (28/4/2017), sebayak 22 orang perwakilan dari Humas Kota Pemkab Sleman dan beberapa perwakilan KIM Sleman berkunjunng ke Kota Surabaya. Kunjungan ini di terima langsung oleh Sekretaris Diskominfo Kota Surabaya, Bapak Cahyo Utomo.

Dalam kesempatan ini Cahyo Utomo mengatakan bahwa KIM Kota Surabaya telah menjati jembatan pengubung informasi antara Pemerintah Kota Surabaya kepada masyarakat secara luas. Pengelolaan informasi yang di lakukan oleh KIM ini sangat bermanfaat untuk menyebarkan program-program ke warga di mana KIM tersebut  bernaung. "Dan pembinaan-pembinaan terus kami berikan, agar KIM Kota Surabaya lebih berkembang dan paham akan program-program dari Pemerintah Kota" jelas Cahyo.

Sri Winarti,selaku Kabag Hubungan Masyarakat Sekda Kabupaten Sleman mengatakan bahwa beliau sangat mengapresiasi KIM Kota Surabaya yang telah berkembang cukup pesat. Untuk itulah beliau membawa serta rombongan ini agar mengetahui lebih banyak lagi kegiatan serta perkembangan KIM yang ada di Kota Surabaya. Pembinaan juga terus di upayakan oleh pihaknya agar KIM Sleman juga bisa berkembang dengan baik.

Ketua KIM Swaraguna Surabaya, Rizki Rahmadianti juga memberikan paparannya tentang pentingnya Citizen Jurnalism (Jurnalisme Warga). "Platform dasar dari semua KIM Kota Surabaya ini adalah Citizen Jurnalism" terang Rizki. "Jadi semua KIM di Surabaya harus mempunyai media berupa Blog"tambahnya. Rizki mengatakan bahwa semua potensi lokal wilayah, kearifan loka lmasyarakat dan semua informasi di tampung di media masing-masing. KIm Swaraguna sendiri mempunyai blog yang bernama Swaraguna.com.

Novi Setiowati,selaku staf Bidang Sarana Komunikasi dan Informasi Dinkominfo Surabaya menjelaskan bahwa KIM di Kota Surabaya ini tersebar hampir si semua Kelurahan yang ada. KIM Kota Surabaya sendiri aktif memanfaatkan media Fanpage Facebook yang bernama kabarsurabaya dan website yang bernama kabarsurabaya.org. (Yanuar Yudha).
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

2 comments:

  1. Perkenalkan pendatang baru http://kimmesem.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  2. selamat datang..kimmesem..ini artinya kim senyum berarti ya...hehe. ada nomor WA..?

    BalasHapus