Memilih Hewan Qurban Yang Baik

Memilih Hewan Qurban Yang Baik

Swaraguna - Menjelang Hari Raya Idul Adha, perlahan lapak penjualan hewan kurban mulai bertebaran di sudut-sudut kota. dari beragam hewan ternak yang di tawarkan, ada beberapa kriteria hewan yang layak untuk di Qurbankan. Pada dasarnya, hewan yang layak dikonsumsi dagingnya dapat dilihat dari sifat fisik hewan kurban itu sendiri.

Memang tak bisa sembarangan dalam memberikan hewan kurban pada Hari Raya Idul, karena hewan kurban terbaik tentu juga menjadi amalan terbaik. Nah, seperti apa tips memilih hewan kurban? Berikut beberapa panduan memilih hewan untuk kurban yang layak dari Ajat Sudrajat, Manager Kampung Ternak Nusantara (KTN) Dompet Dhuafa.

Memenuhi Syarat Umur
Sudah memenuhi syarat umur. Karena ketentuan setiap jenis hewan ternak yang akan kita kurbankan  berbeda-beda. Untuk kambing atau domba adalah berusia satu tahun, sapi atau kerbau dua tahun, dan untuk unta lima tahun.


Gigi Tanggal
Hewan kurban sudah mengalami pergantian gigi seri depan dan bawah. Ajat Sudrajat, mengatakan bahwa karakter gigi susu kecil dan runcing, sedangkan gigi tetap dari hasil pergantian adalah besar dan rata.


Sehat
Hewan kurban harus dalam kondisi sehat dan tidak menunjukkan tanda-tanda sakit seperti demam, kurang nafsu makan, kudis, ada ekskreta (buangan) dari lubang hidung, bulu kusam dan berdiri, mata cekung dan kotor, diare, serta lemas.


Kondisi Hewan Normal
Tidak kurus dan cacat (pincang, buta, daun telingan tidak ada). Karena dengan memberikan yang terbaik, tentu kita akan meraih hasil terbaik pula.


Cuping Hidung Hewan Basah
Ini menjadi tambahan saja karena hewan kurban yang sehat cuping hidungnya basah (bukan karena flu), bulunya bersih dan mengilap, napas dan detak jantung normal, nafsu makan normal, lubang kumlah bersih dan berwarna merah muda.
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar