Tertipu CPNS Kota Surabaya

Tertipu CPNS Kota Surabaya

Swaraguna – Pada Rabu pagi (31/08/2016) Balai Kota Surabaya di kejutkan oleh kedatangan 50 orang yang mengaku menerima surat telah diterima sebagai CPNS di berbagai dinas di lingkungan Pemkot Surabaya. Orang-orang ini telah siap untuk bertemu Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dengan memakai baju mereka putih - hitam. 

Namun, kesiapan itu berubah menjadi lemas. Terlebih saat beberapa pejabat pemkot memberikan penjelasan bahwa tidak ada perekrutan formasi pegawai negeri baru.

Sadarlah bahwa mereka adalah korban penipuan. Para korban itu lantas diarahkan untuk melapor ke polisi. Penipuan tersebut ditengarai dilakukan seseorang bernama Anang Effendi. Oknum yang keberadaannya masih misterius ini, telah menjanjikan kepada 50 orang tersebut untuk dapat di terima menjadi pegawai Pemkot Surabaya dengan imbalan uang hingga 30 juta rupiah per-orang.

Ke 50 orang ini terdiri dari beragam latar belakang pekerjaan, ada yang berasal dari pegawai honorer di lingkungan Pemkot, Pengangguran dan pegawai swasta. bahkan di antara mereka ada yang sudah mengajukan surat pengunduran diri sebelum memenuhi panggilan palsu ini. Selain mencatut nama Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Anang juga mencatut nama Armudji, Ketua DPRD Kota Surabaya.  

Kedatangan rombongan korban penipuan CPNS itu akhirnya diterima oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya Mia Santi Dewi. Mia mengaku prihatin terhadap para korban penipuan ini. Pihaknya juga menyampaikan bahwa pemkot sepanjang tahun ini tidak mengadakan perekrutan CPNS.

“Berdasarkan Surat dari KemenPAN-RB yang terbit pada 30 Juni 2015 itu, kami sejak tahun kemarin sampai sekarang belum mengadakan perekrutan,” katanya singkat. Wanita yang kini berjilbab itu mengatakan mereka jelas korban penipuan karena jika dalam perekrutan pemkot tidak mungkin menarik biaya. Kalau ada perekrutan Pegawai Negeri Sipil, pastinya akan di umumkan lewat Website Resmi Pemerintah Kota Surabaya, yaitu Surabaya.go.id.
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar