Gunung Anyar Mulai Waspadai Banjir

Gunung Anyar Mulai Waspadai Banjir


Swaraguna - Kota Surabaya dua hari belakangan ini terasa sangat sejuk, bahkan cenderung dingin. Hal ini di karenakan hujan yang turun dengan intensitas deras dan sedang sejak hari Sabtu pagi hingga pada hari Senin malam. Rupanya hujan yang turun ini juga terjadi hampir merata di seluruh wilayah Jawa Timur, bahkan di Kabupaten Sidoarjo, beberapa wilayah tampak terendam air setinggi lutut orang dewasa.

Tingginya curah hujan membuat debit air di sungai Kebon Agung yang berada di depan UPN "Veteran" tercatat meninggi. Debit tinggi ini , selain di karenakan oleh curah hujan juga di sebabkan oleh banyaknya kiriman air dari daerah lain. Hal ini wajar, karena posisi Gunung Anyar yang berbatasan langsung dengan laut.

Keadaan ini rupanya juga membuat kawasan di Gunung Anyar Surabaya meningkatkan kewaspadaannya. Hal ini seperti yang di utarakan oleh Camat Gunung Anyar Dewanto Kusumo Legowo, AP, S.Sos, bahwa dirinya telah meng-kondisikan Satpol PP Kecamatan Gunung anyar untuk selalu memantau ketinggian air di Rumah Pompa yang ada di sungai Kebon Agung. 

Menurutnya, kawasan Gunung Anyar sampai saat ini masih terbilang aman dan bebas dari banjir. "Kalau ada genangan air, itu akan susut dengan cepat" jelasnya. Saat ini, pembangunan saluran air yang kemudian di tutup Box Culvert di beberapa tempat masih berjalan meskipun terkendala oleh cuaca. Menurut Dewanto, Penataan saluran air ini mutlak di perlukan, hal ini di karenakan sudah banyak lahan kosong yang tadinya bisa menjadi lahan serapan air, saat ini mulai di bangun menjadi pemukiman. 

Selain dari pihak Kecamatan, Pemkot Surabaya melalui dinas Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan juga berkonsentrasi untuk melakukan pengerukan sedimentasi yang ada di Sungai Kebon Agung. Biasanya pengerukan ini di mulai dari depan Superindo Yakaya hingga di kawasan Gunung Anyar Tambak.(Yanuar Yudha)

Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar