Pemkot Surabaya Ngotot, SMA Harus Gratis

Pemkot Surabaya Ngotot, SMA Harus Gratis

Swaraguna - Meskipun nantinya pengelolaan SMA/SMK (termasuk anggaran pendidikan) menjadi wewenang Pemprov Jatim. namun Pemkot Surabaya bersikeras pendidikan SMA/SMK di Surabaya harus tetap gratis. Karena itu, anggaran untuk SMA/SMK tetap dimasukkan dalam Rancangan APBD (RAPBD) 2017 sebesar Rp170 miliar.

Wisnu Sakti Buana Wakil Wali Kota Surabaya mengatakan, hasil pembahasan peralihan pengelolaan SMA/SMK dengan Kemendagri di Jakarta, Senin (21/11/2016), anggaran ini dapat disalurkan melalui bantuan keuangan kepada Pemprov Jatim. Hanya saja pelaksanaan di lapangan yang belum ketemu formulasinya. Pemkot khawatir, bila berupa bantuan keuangan, masih ada kemungkinan penggunaan tidak hanya untuk Siswa SMA/SMK di Surabaya saja. Selain itu, Wisnu memungkinkan terjadi penggunaan yang tidak tepat sasaran oleh Pemprov Jatim. Hal inilah yang masih akan dikomunikasikan kepada Pemprov Jatim. "Kami yakin pemprov ada goodwill (niat baik) untuk kesejahteraan rakyat surabaya," ujarnya.

Niatan Pemkot Surabaya menjadikan pendidikan menengah di Surabaya tetap gratis ini berkaitan dengan fokus pembangunan yang akan dilakukan pada 2017 mendatang.
Selain pembangunan Infrastruktur, Pendidikan dan Kesehatan, APBD Kota Surabaya 2017 juga difokuskan pada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).  (Yanuar Yudha)
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar