Tips Menghindari Begal Motor Di Jalan

Tips Menghindari Begal Motor Di Jalan

Swaraguna - Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Puasa dan Hari Raya Lebaran. Seperti yang sudah-sudah, biasanya pada masa ini tingkat kriminalitas akan meningkat, seiring dengan meningkatnya kebutuhan Hari Raya Lebaran. Para pelaku tindak kriminal ini seringkali mengincar korban berupa rumah kosong maupun masyarakat yang ada di jalanan.

Kali ini Swaraguna akan membagikan Tips untuk menghindari Begal Motor yang mengincar motor kita di jalan raya. Berikut adalah cara- caranya : 

1. Jangan terlihat lesu 
Biasanya sasaran para begal adalah para karyawan yang baru pulang kerja, terutama wanita. Mereka terlihat dari posisi berkendara seperti mengantuk, lelah, dan tubuh miring seperti malas. Usahakan berkendara dalam kondisi tidak mengantuk. Lebih aman bila anda mengajak teman atau seseorang untuk berkendara bersama.

2. Jangan berkendara dengan kecepatan konstan
Sasaran empuk para begal adalah pengendara yang berjalan dengan kecepatan konstan dan tidak mengubah kecepatan selama kurang lebih 5 menit. Karena itu sesekali tambah kecepatan. Para begal biasanya agak berpikir lebih panjang menyerang calon korban yang terlihat lihai berkendara.

3. Selalu pakai spion dengan posisi yang tepat 
Kebiasaan buruk pengendara motor di Indonesia adalah tidak memperhatikan pentingnya kaca spion. Banyak pengendara motor memakai kaca spion yang kecil dan tidak standar, tidak membetulkan posisi kaca spion, memakai kaca spion yang sudah pecah, atau bahkan tidak memakai spion sama sekali. Perlu diketahui, para begal suka sekali dengan motor yang tanpa spion agar mereka tidak akan terpantau saat hendak beraksi. Jadi pakailan spion yang standart SNI.

4. Modifikasi motor
Begal kebanyakan mengincar motor yang standar dan tidak terlalu banyak dimodifikasi. Alasannya, selain lebih mudah dijual, juga sulit terpantau di jalanan.

5. Pantau pergerakan Begal
Jika sudah dikejar begal, ada beberapa tips yang bisa dimanfaatkan untuk menghindar. Memantau pergerakan mereka lewat spion bisa memberitahu kapan mereka akan beraksi. Asal ingat, jangan hilang konsentrasi dari jalan yang ada di depan. Begal umumnya hapal kondisi medan di mana mereka beraksi.

6. Jangan Takut
Jika begal terus mengejar, jangan biarkan mereka melewati motor. Juga jangan beri ruang kosong di samping kendaraan Anda. Jika Anda berani, pepet roda depan mereka dengan roda belakang kita, atau tendang roda depan atau shock breaker depan mereka. Para begal umumnya beraksi dengan full adrenaline, karena itu sentuhan keras dari korban akan mempengaruhi kemampuan mereka menangani motor.

7. Cari Pos Polisi Terdekat
Selain itu, jangan terpancing untuk berhenti di kerumunan orang atau warung yang terlihat ramai. Umumnya begal punya komplotan yang menunggu di tempat-tempat seperti itu. Jauh lebih bijak jika Anda mencari lokasi seperti pos Polisi, stasiun pengisian bahan bakar (pom bensin), minimarket, atau pos penjaga kompleks perumahan. Begal sangat menghindari tempat-tempat di mana kemungkinan ada kamera CCTV.
Share on Google Plus

About Kabar Surabaya

0 comments:

Posting Komentar